PEMERINTAHAN

Sumbawa Dapat DAK Rp 3,6 Miliar

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Kabupaten Sumbawa mendapatkan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pembangunan pasar di tahun 2019 ini. Anggaran dari Kementerian Perdagangan dengan total Rp 3,6 miliar tersebut, untuk tiga pasar di kecamatan.

Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sumbawa, Arif Alamsyah, Kamis (14/3) menyebutkan, tahun ini ada empat pasar yang akan dibangun dan direvitalisasi. Pertama yakni Pasar Seketeng dengan nilai Rp 58 miliar.

Kemudian Pasar Alas, Pasar Utan dan  Pasar Empang dengan anggaran masing-masing sekitar Rp 1 miliar. Dimana ketiga pasar kecamatan tersebut anggarannya bersumber dari DAK Kementerian Perdagangan tahun 2019.

Baca Juga:  759 PPPK Terima SK Pengangkatan, Bupati Sumbawa Ingatkan Bekerja Baik dan Disiplin

“Untuk tiga pasar kecamatan itu, total anggarannya Rp 3,6 miliar dari dana DAK. Sekarang dalam proses finalisasi perencanaannya. Kami rencanakan tidak keluar dari bulan Maret ini  kita lelang bersaaan dengan Pasar Seketeng,” ujarnya..

Dijelaskannya, untuk Pasar Empang pihaknya akan memperbaiki sejumlah fasilitas yang ada. Seperti los ikan yang akan dilengkapi dengan meja pedagang, sumur resapan, lantai dan penambahan atap. Selain itu juga ada tambahan untuk pengerjaan paving blok keliling.

Supaya pedagang dan pembeli nyaman beraktifitas, karena kondisi pasar setempat becek. Kemudian untuk Pasar Alas rencananya akan membangun satu los konstruksi baja untuk mengganti los kayu yang sudah tua dan bocor.

Baca Juga:  Sumbawa Kembali Raih Penghargaan Pembangunan Daerah

Sedangkan untuk Pasar Utan pihaknya akan menyelesaikan pemasangan lantai dan meja pedagang. Harapannya Pasar Utan tahun ini sudah bisa dioperasionalkan. Dengan Demikian, otomatis pasar lamanya akan ditutup, karena daya tamping pasar baru cukup besar.

“Harapan kita pasar-pasar kecamatan bisa menjadi lebih layak. Aspek ruang  cukup menampung pedagang. Kemudian aktifitas pedagang dan pembeli jadi lebih nyaman. Karena kita perbaiki tata ruangnya. Jadi tidak lagi pasar itu nanti gelap, bocor, dan becek,” pungkasnya. (NM3)

Baca Juga:  Wabup Sumbawa Datangi Sejumlah OPD

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini