Beranda SOSMAS Warga Desa Jorok Dapat Bantuan Modal Usaha

Warga Desa Jorok Dapat Bantuan Modal Usaha

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA – Setelah sukses membangun Rumah Bibit Tanaman Hortikultura, bertempat di kebun Rumah Bibit Dusun Ganinggara Desa Jorok, Rumah Zakat memberikan bantuan modal usaha kepada empat warga di Desa Jorok Kecamatan Unter Iwis, Kabupaten Sumbawa.

Mereka adalah Sahabuddin (44), Burhanuddin (34), Yen Sanapiah (44) dan Mursali (24). Dimana keempat orang tersebut kesehariannya bekerja sebagai petani/peternak dan buruh tani.

Kepada media ini, Ahad (18/3), Fasilitator Program Desa Berdaya, Repi S menjelaskan, mulai bulan ini, sebanyak 4 orang warga mendapatkan bantuan modal usaha yang disepakati akan dipergunakan untuk usaha ternak kambing.

Pemilihan usaha ini kata dia, karena melihat potensi yang ada. Targetnya, kambing-kambing ini nantinya bisa dijual pada momen Idul Adha mendatang.

Berita Terkait:  Polres Loteng Imbau Masyarakat Ikuti Anjuran Pemerintah

Selain memberikan modal usaha, para penerima manfaat juga akan dilengkapi dengan sarana usaha dan pelatihan-pelatihan atau edukasi kewirausahaan.

“Harapan kita, para penerima manfaat yang masih kesulitan ekonomi, setelah mendapatkan intervensi dan pendampingan, dapat menjadi pribadi yang berdaya dan mandiri. Dengan demikian, dapat memenuhi kebutuhan keluarga bahkan menjadi wirausahawan baru,” tutur Repi.

Salah satu penerima manfaat yakni Burhanuddin, mengaku senang dan bersyukur atas bantuan modal usaha yang diberikan oleh Rumah Zakat.

“Kami telah sepakat, bersama teman-teman yang mendapatkan bantuan, akan menjaga kepercayaan ini dan akan berusaha agar usaha yang nanti kami jalankan dapat berjalan sesuai harapan. Kami tidak akan jalan sendiri, tetapi akan saling menguatkan. Seperti satu kelompok usaha bersama,” tuturnya

Berita Terkait:  Permainan Tradisional Harus Tetap Dilestarikan, Jangan Kalah dengan Gadget

Sementara itu, Camat Unter Iwes, Evi Supiati, yang turut hadir menyaksikan serta memberikan modal usaha secara simbolis, sangat mengapresiasi Program Desa Berdaya Rumah Zakat.

“Atas nama Pemerintah Kecamatan Unter Iwes, kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Rumah Zakat. Apa yang telah dilakukan di wilayah kami, sangat berarti dan dapat meringankan beban masyarakat serta dapat mengeluarkan masyarakat dari kesulitan ekomomi,” kata Evi.

“Kami harap program desa berdaya ini dapat menjangkau desa-desa lainnya, sehingga semakin banyak yang dapat terbantu dan merasakan manfaatnya. Kami juga mengajak semua pihak untuk dapat berkolaborasi dengan Rumah Zakat. Dan kami akan memberikan support sesuai tupoksi pemerintah kecamatan dalam mensukseskan program desa berdaya,” demikian ia menambahkan.

Berita Terkait:  ITDC Didesak Selesaikan Sengketa Lahan KEK Mandalika

Sekedar informasi, pemberian bantuan modal usaha terhadap sejumlah warga di Desa Jorok tersebut telah dilakukan pada Jum’at, (16/3) lalu. Terlihat para penerima manfaat begitu senang dengan adanya bantuan tersebut dan disaksikan langsung oleh Camat Unter Iwis. (NM3)