Beranda SOSMAS Wakili Sumbawa, Kelompok Permata Desa Luk Melaju ke Provinsi

Wakili Sumbawa, Kelompok Permata Desa Luk Melaju ke Provinsi

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Kelompok Perlindungan Mata Air (Permata) Desa Luk Kecamatan Rhee, tahun ini akan mewakili Kabupaten Sumbawa mengikuti lomba permata tingkat Provinsi. Sebelumnya, kelompok permata Desa Luk ditetapkan sebagai juara I tingkat Kabupaten Sumbawa.

“Luk kita dorong untuk persiapkan wakili Sumbawa ke tingkat provinsi 2018. Penillaian, kalau tidak diakhir Oktober, mungkin awal November,” kata Arian Perdana Putra, Plt, Kabid Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Sumbawa, di ruang kerjanya.

Berita Terkait:  Niken Serahkan Bantuan untuk Sumbawa

Menurutnya, sebelum didorong mengikuti lomba tingkat provinsi, Desa Luk bersama Desa Marente Kecamatan Alas, Dusun Leweng Desa Mamak  Kecamatan Lopok, mengikuti lomba ditingkat Kabupaten Sumbawa. Dalam lomba tersebut, Desa luk ditetapkan sebagai juara I, di susul Dusun Leweng sebagai jaura II, dan Marente sebagai juara III.

“Sebenarnya mereka ini hanya kita dorong saja. Karena prinsipnya, mereka sudah melakukan. Disana ada kegiatan swadaya membangun jaringan, swadaya penguatan mata air. Tinggal diperkuatdalam bentuk pembinaan, memberikan motifasi,” jelasnya.

Berita Terkait:  Masyarakat Diminta Jadi Polisi bagi Keluarga dan Lingkungannya

Dengan perlombaan tersebut, diharapkan kelompok maupun  desa lainnya termotifasi untuk menjaga kelestarian mata air yang ada di wilayah masing-masing. “Semoga Ini bisa menjadi motivasi untuk kelompok lain agar mlakukan hal yang sama. Jangan sampai mata air hilang dan akan tersisa air mata,” katanya. (NM2)