Beranda SOSMAS Tingkatkan Pengetahuan, PM Diberikan Pelatihan Buat Pupuk Kompos

Tingkatkan Pengetahuan, PM Diberikan Pelatihan Buat Pupuk Kompos

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Satu lagi kegiatan positif yang dilakukan Rumah Zakat melalui Program Desa Berdaya yang layak diapresiasi, yaitu Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos.

Pelatihan itu dilaksanakan pada Jum’at (22/3) kemarin, di lokasi Rumah Bibit Dusun Ganinggara Desa Jorok Kecamatan Unter Iwes.

Kepada media ini, Repi S, selaku Fasilitator Program Desa Berdaya, kegiatan Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos dimaksudkan agar dapat meningkatkan pengetahuan para penerima manfaat (PM) sebagai pengelola Rumah Bibit akan urgensi dari pupuk kompos.

Berita Terkait:  Tim Wasev Kunjungi Sasaran TMMD ke 105 Lotim

Dengan demikian, bibit yang dihasilkan dari Rumah Bibit benar-benar merupakan bibit organik yang terbebas dari unsur-unsur kimiawi.

Selain itu, dengan pengetahuan yang cukup akan pupuk kompos, tentu menjadi alternatif solusi terhadap persoalan pertanian secara umum. Terlebih ketersediaan pupuk yang semakin hari semakin terbatas jumlahnya.

Sehingga keberadaan pupuk kompos di tengah-tengah masyarakat, akan menjadi alternatif solusi terhadap peningkatan produksi hasil-hasil pertanian.

“Kami menghadirkan instruktur Kawiuji, yang memang diketahui konsen pada pengembangan pupuk kompos. Kami berharap, para PM dan beberapa pemuda yang ikut serta dalam pelatihan ini dapat mengambil ilmunya dan bisa mempraktikkan sendiri pembuatan pupuk kompos. Sehingga selain dapat dipakai untuk kebutuhan sendiri, juga dapat dijual sebagai tambahan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keluarga,” kata Repi.

Berita Terkait:  Harga Stabil, Stok Sembako Aman

Sementara itu, Mursali (25), salah satu PM yang mengikuti pelatihan pembuatan pupuk kompos mengakui, senang dengan adanya kegiatan pelatihan ini.

“Kami sangat senang dengan pelatihan ini, karena dapat menambah pengetahuan. Selain itu, pupuk kompos ini memang menjadi kebutuhan kami dalam mengelola Rumah Bibit,” ucapnya. (NM3)