Beranda SOSMAS Tata Cara Melaksanakan Sholat Idul Fitri di Rumah

Tata Cara Melaksanakan Sholat Idul Fitri di Rumah

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM || Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah jatuh pada Ahad (24/5) esok. Lebaran tahun ini akan nampak berbeda dari biasanya. Ini dikarenakan pandemi corona virus disease 2019 atau kerap disebut COVID-19.

Akibar corona virus, umat muslim tidak bisa melaksanakan sholat idul fitri secara berjamaah, baik di lapangan maupun masjid. Ini sejalan dengan adanya anjuran dari pemerintah maupun ulama, yakni melakukan sholat idul fitri di rumah.

Dianjurkannya sholat idul fitri di rumah, tak lain dalam rangka mengantisipasi sekaligus mencegah penyebaran corona virus. Karenanya, social distancing atau physical distancing menjadi penting untuk saat ini harus diterapkan. Itu semua demi kebaikan bersama.

Berita Terkait:  Ilegal Logging, Puluhan Kayu Jati Berhasil Diamankan

Untuk menjalankan sholat idul fitri adapun yang perlu diketahui, yaitu mulai dari membaca niat. Niat sholat idul fitri untuk menjadi imam : “Ushalli sunnatan li’idil fithri rak’ataini imaman lilahi ta’allaa”. Artinya : “Aku niat sholat sunnah idul fitri dua rakaat menjadi imam karena Allah Ta’ala”.

Adapun niat untuk makmum. Yaitu “Ushalli sunnatan li’idil fithri rak’ataini makmuuman lilahi ta’allaa”. Artinya : “Aku niat sholat sunnah idul fitri dua rakaat menjadi makmum karena Allah Ta’ala”.

Berita Terkait:  Danrem 162/WB Tinjau Progres TMMD ke 107 Kodim Lobar

Kemudian niat sholat idul fitri secara sendiri. Adapun bacaan niatnya, Ushalli sunnatan li’idil fithri rak’ataini lilahi ta’allaa”. Artinya : “Aku niat sholat sunnah idul fitri dua rakaat karena Allah Ta’ala”.

TATA CARA SHOLAT IED

1. Membaca niat sholat idul fitri.
2. Membaca do’a iftitah.
3. Takbir sebanyak 7X di rakaat pertama. Dalam setiap takbir sembari membaca : “Subhanallah Walhamdulillah Waa Laa Ilahaillallah Wallahu Akbar”. Artinya : “Maha Suci Allah, Segala Pujian Baginya, Tiada Tuhan Selain Allah, Allahu Akbar”.
4. Membaca surah Al-Fatehah.
5. Membaca surah-surah di dalam Al-Qur’an.
6. Ruku dengan tuma’ninah.
7. I’tidal dengan tuma’ninah.
8. Sujud.
9. Duduk diantara dua sujud.
10. Sujud kedua.
11. Kembali berdiri melaksanakan rakaat kedua. Diawali mengucapkan takbir sebanyak 5X dengan bacaan yang masih sama.
12. Membaca surah Al-Fatehah
13. Membaca surah-surah di dalam Al-Qur’an.
14. Melakukan ruku dan sujud seperti pada rakaat pertama.
15. Duduk tasyahud akhir dan salam menengok kearah kanan dan kiri. 

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah. Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin. (red) 

Berita Terkait:  Operasi Ketupat Gatarin 2020 Dimulai, Ini Sasarannya..