Beranda SOSMAS Tangani Persoalan Bencana Diperlukan Kolaborasi!

Tangani Persoalan Bencana Diperlukan Kolaborasi!

BERBAGI
Kepala Pelaksana BPBD Provinsi NTB, H Ahsanul Khalik saat diwawancarai awak media di Mataram.

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM – Gubernur NTB, Zulkieflimansyah didampingi Wagub NTB Sitti Rohmi Djalilah baru saja melakukan mutasi terhadap 21 pejabat yang terdiri dari Eselon II dan III lingkup Pemprov.

Rotasi ini berlangsung tepatnya di Ruang Rapat Utama (RRU) Kantor Gubernur NTB pada Senin 6 Mei 2019.

Adapun yang menjadi sorotan dalam mutasi kali ini yang cukup menyita perhatian. Betapa tidak, Kepala Pelaksana BPBD NTB, H Mohammad Rum kini digeser menjadi Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, Infrastruktur dan Pembangunan.

Berita Terkait:  Kepala Dinsos NTB : Apabila Kondisi Barang Bansos Sembako Tidak Sesuai, Tolak Saja!

Sedangkan posisi Haji Rum sebelumnya, kini digantikan oleh H Ahsanul Khalik sebagai Kalak BPBD Provinsi NTB.

Diketahui kedudukan Ahsanul Khalik atau pria yang akrab disapa dengan panggilan Bang AKA ini sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial (Dinsos) NTB.

Sebagai Kepala Pelaksana BPBD NTB yang baru Bang AKA mengaku siap mengemban amanah yang telah diberikan kepadanya.

Terkait dengan segala kekurangan maupun persoalan yang dihadapi oleh BPBD NTB sebelumnya, ia mengaku masih mau mempelajari lebih dulu situasi dan kondisinya.

Berita Terkait:  Program Sembako 2020, Bupati Harapkan Sikap Proaktif Kecamatan dan Desa/Kelurahan

Termasuk pula kata dia, soal uang senilai Rp 100 miliar lebih yang sebelumnya mencuat salah sasaran akan didalami dengan baik.

“Kita pelajari dulu kondisi didalam. Termasuk persoalan 100 miliar lebih salah sasaran. Inikan perlu kita dalami dengan baik,” ucapnya.

“Saya piker kawan-kawan di BPBD cukup bagus (bekerja). Karena Pak Rum selama ini sudah melaksanakan tugas dengan sangat baik. Saya tinggal melanjutkan saja,” tambah AKA.

Menurutnya, ketika ditemukan masih ada persoalan yang kurang dalam melaksanakan tugas oleh pejabat sebelumnya adalah hal yang manusiawi.

Berita Terkait:  Hj Niken Lantik Ketua TP-PKK Kota Bima

“Ketika ada yang kurang itu manusiawi. Nah, inilah bagian saya untuk memperbaiki seperti perintah pak Gubernur tadi,” tegasnya.

Lebih jauh dikatakannya, dalam menangani persoalan bencana tidaklah mudah. Karena diperlukan kerja ekstra serta mengedepankan sikap koordinasi dengan semua pihak termasuk berkolaborasi.

“Intinya saya akan berkoordinasi dengan dengan Kabupaten/Kota, kita akan kolaborasi dilapangan,” demikian Ahsanul Khalik. (NM1)