Beranda SOSMAS Soal DPK, KPPS Diminta Ingatkan Masyarakat Tata Cara Pemungutan Suara di TPS

Soal DPK, KPPS Diminta Ingatkan Masyarakat Tata Cara Pemungutan Suara di TPS

BERBAGI
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB, Muhammad Khuawailid. (Foto : Bobby Maramis)

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM – Ketua Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Barat, M Khuwailid meminta kepada Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) agar tetap mengingatkan atau menginformasikan kepada masyarakat tentang tata cara pemungutan suara di TPS.

Menurutnya hal ini penting untuk disampaikan kepada masyarakat terutama bagi Daftar Pemilih Khusus (DPK). Sebab, berdasarkan data yang dihimpun pihak Bawaslu sendiri, di NTB ada ribuan lebih potensi suara melalui DPK.

“Ada sekitar enam ribuan lebih, itu potensi DPK. Artinya orang yang memenuhi syarat sebagai pemilih tapi tidak terdaftar di dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap),” ujarnya kepada wartawan, Senin (15/4) di Mataram.

Berita Terkait:  HUT Ke-55, Ini Pesan Ketum Dharma Pertiwi

Terhadap DPK ini lanjut Ketua Bawaslu NTB, mereka dibolehkan menggunakan hak pilihnya mulai pukul 12.00 Wita. Selain itu pula, mereka bisa melakukan register dari awal untuk dicatat oleh KPPS sejak pukul 07.00 Wita.

Ini dimaksudkan, agar penggunaan hak suara masyarakat bisa diperolehnya tanpa harus kehilangan hak dalam memilih. Selain meminta kepada pihak KPPS untuk mengingatkan masyarakat, Bawaslu juga menghimbau kepada masyarakat, khususnya DPK agar mentaati segala ketentuan yang telah ditetapkan.

Berita Terkait:  Diskominfotik NTB Sosialisasikan NTB Care di Bima  

“Ini penting, agar temen-temen DPK tidak salah pemahaman. KPPS juga kita minta tetap mengingatkan masyarakat tetantang tata cara pemungutan suara di TPS. Temen – temen DPK juga harus mentaati ketentuan atau peraturan yang sudah ditetapkan,agar semua proses tahapan pemilu ini benar-benar terlaksana dengan baik, lancer, adil dan jujur,” pungkasnya. (NM1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here