Beranda SOSMAS Sahabat Bumi dan UNDP Diharapkan Bantu Korban Gempa KSB

Sahabat Bumi dan UNDP Diharapkan Bantu Korban Gempa KSB

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA BARAT — Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, mengharapkan organisasi Sahabat Bumi yang di fasilitasi United Nations Development Programme (UNDP) bisa membantu korban gempa.

“Survei ini bagus, datanya bisa dimanfaatkan Pemerintah Daerah untuk melakukan eksekusi di mana ditemukan keluhan soal ekonomi, sosial dan lainnya. Lembaga Sahabat Bumi yang di fasilitasi UNDP juga kita harapkan memiiki program untuk peningkatan penghidupan korban gempa di KSB,” kata Wabup saat membuka Sosialisasi Hasil Pengkajian Pemulihan dan Penentuan Komoditas untuk Analisis Rantai Nilai atas Survei Dampak Gempa Lombok-Sumbawa Terhadap Sumber Penghidupan Keluarga yang dilaksanakan Sahabat Bumi KSB, di Rumah Kebun, Kamis (21/2).

Berita Terkait:  Wagub Berikan Sejumlah Penekanan Penting di Acara Jangzulmi

Namun Wabup menegaskan, survey dan analisis yang dilakukan harus memiliki tolak ukur. Narasumber dan data yang digunakan harus faktual dan akurat. Sebab, Pemerintah KSB memiliki data yang akurat. Jangan sampai ada data yang tidak sesuai dengan yang ada. Apalagi KSB diakui secara nasional, bahwa penanganan pasca gempanya terbaik di Indonesia.

“Camat dan Kepala Desa atau Lurah bisa membantu sahabat bumi untuk data, agar akurat, karena itu bisa menjadi bahan pertimbangan. Kami juga ingin tahu dimana yang kurang agar bisa segera diperbaiki,” imbuh Wabup.

Berita Terkait:  Masyarakat Diminta Bijak dalam Bermedia Sosial

Dijelaskan Yori – Sahabat Bumi, bahwa survei di laksanakan di seluruh Kabupaten/Kota di Pulau Lombok dan Sumbawa yang terdampak gempa. Survey ini untuk mendapat gambaran tentang sumber penghidupan korban gempa terutama terkait karakteristik demografi, aset, dan strategi sumber penghidupan korban.

Nantinya dengan data yang ada, bersama UNDP akan mendesain strategi intervensi program yang relevan. Metode survei dilakukan dengan wawancara secara random (acak). “Dari 239.954 rumah tangga korban gempa NTB, sampelnya sebanyak 770 rumah tangga. Khusus di KSB sebanyak 59 rumah tangga,” demikian Yori. (NM4)

Berita Terkait:  Produk Lokal Akan Meriahkan HUT RI di NTB