Beranda SOSMAS RZ Berikan Bantuan Modal Usaha di Bulan Ramadhan

RZ Berikan Bantuan Modal Usaha di Bulan Ramadhan

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Rumah Zakat (RZ) terus berupaya mensukseskan program Desa Berdaya, tak terkecuali di bulan suci ramadhan ini.

Dimana dalam rangka mempererat ukhuwah Islamiyah dan menyamakan persepsi terhadap program dimaksud, RZ memberikan bantuan modal usaha kepada para penerima manfaat.

Kegiatan yang dilangsungkan dengan buka bersama ini dihadiri oleh unsur pemerintah, tokoh masyarakat dan warga sekitar. Kegiatan dipusatkan di Musholla Babussalam Dusun Ganinggara Desa Jorok Kec. Unter Iwes, Rabu (15/5).

Fasilitator Program Desa Berdaya, Repi S menyampaikan, Rumah Zakat dalam menjalankan program pemberdayaan terdiri dari 4 rumpun senyum, yaitu Senyum Mandiri (ekonomi), Senyum Sehat (kesehatan), Senyum Juara (pendidikan) dan Senyum Lestari (lingkungan).

Berita Terkait:  Mereka Tiba di Madinah, Penerima Hadiah Umroh : Terimakasih Bapak Gubernur!

Diungkapkannya, di tahun 2019, Rumah Zakat konsen pada pemberdayaan 4 PM guna menjadi cikal bakal pembentukan kelompok usaha masyarakat, yang pada akhirnya diharapkan menjadi Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMMAS). Setiap PM akan mendapatkan bantuan berupa modal usaha, sarana usaha, penguatan produk dan peningkatan kapasitas (pelatihan).

Selain itu, juga akan diintensifkan kegiatan kemasyarakatan seperti sholat subuh berjamaah, pembelajaran tahsin dan pengembangan rumah bibit.

“Tentu kita sangat berharap, semua program yang kita gulirkan mendapat dukungan dari pemerintah dan warga masyarakat, guna suksesnya Program Desa Berdaya,” jelas Repi.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sumbawa, Syukri Rahmat S.Ag selaku penceramah dalam kesempatan tersebut, menyampaikan apresiasi terhadap Rumah Zakat. Karena selain aktif dalam gerakan pemberdayaan, juga senantiasa hadir dalam meringankan duka bagi mereka yang tertimpa musibah atau bencana.

Berita Terkait:  Karo Humas NTB Silaturahim dengan PWI Sumbawa

“Saya mengajak untuk mendukung program-program Rumah Zakat,” ujarnya.

Dalam ceramah yang disampaikan Ustadz Syukri akrab Ketua MUI disapa, menegaskan akan urgensi Zakat dalam membangun ekonomi umat.

“Oleh karena itu, mari kita menjadi pribadi-pribadi yang senantiasa taat membayar zakat agar harta kita benar-benar bersih dari noda atau kotoran yang dapat merusak keberkahan hidup. Dan yakinlah, zakat, infaq dan shadaqoh kita akan membahagiakan saudara-saudara kita yang lain,” terangnya.

Pemberian bantuan modal usaha ini diberikan kepada tiga keluarga penerima manfaat yang diserahkan langsung oleh Camat Unter Iwes, Evi Supiati, S.STP., M.Si bersama Fasilitator Desa Berdaya dan disaksikan warga masyarakat yang hadir. Juga disemarakan dengan pemberian dooprrize oleh Camat memberikan doorprize kepada salah satu warga yang selalu memimpin jamaah sholat subuh.

Berita Terkait:  Pemda KLU Serahkan 43 Hewan Kurban

Salah seoarang penerima bantuan, Burhanuddin (34) mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh Rumah Zakat.

“Saya sangat senang mendapatkan bantuan modal dari Rumah Zakat. Semoga dengan bantuan ini, usaha yang saya geluti semakin berkembang dan dapat membantu sesama warga dalam mensukseskan Program Desa Berdaya di Desa ini,” tukasnya. (NM3)