Beranda SOSMAS Resmi Ditutup, KPU Sumbawa Terima 441 Pelamar Calon PPK

Resmi Ditutup, KPU Sumbawa Terima 441 Pelamar Calon PPK

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Hingga hari terakhir pendaftaran, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa menerima 441 pelamar calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Pendaftarannya sendiri sudah dilaksanakan sejak 18 hingga 24 Januari 2020.

Ketua KPU Kabupaten Sumbawa, M. Wildan, M.Pd mengatakan, dari 24 Kecamatan yang ada, jumlah pendaftar PPK sebanyak 441 orang. Terdiri dari 307 orang pendaftar laki-laki  dan 134 pendaftar Perempuan.

“Untuk Kecamatan Alas Barat ada 14 pendaftar, Alas 15 pendaftar, Buer 14 pendaftar, Utan 25 pendaftar, Rhee 19 pendaftar, Labuhan Badas 23 pendaftar, Unter Iwes 21 pendaftar, Batu Lanteh 17 pendaftar, Sumbawa 27 pendaftar, Moyo Utara 26 pendaftar, Moyo Hilir 27 pendaftar, Tarano 22 pendaftar, Labangka 12 pendaftar, Empang 23 pendaftar, Plampang 26 pendaftar, Maronge 12 pendaftar, Lape 20 pendaftar, Lopok 21 pendaftar, Moyo Hulu 16 pendaftar, Lunyuk 11 pendaftar, Lenangguar 11 pendaftar, Orong Telu 10 pendaftar, Ropang 10 pendaftar, Lantung 19 pendaftar. Kemudian Kecamatan Sumbawa dan Kecamatan Moyo Hilir menjadi kecamatan dengan pelamar terbanyak, masing-masing sebanyak 27 orang,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (25/1).

Berita Terkait:  Istri Gubernur Dilantik Jadi Ketua Forikan NTB

Diterangkan Wildan-akrabnya disapa, setelah menerima berkas dokumen pendafataran,akan dilakukan proses verifikasi administarasi. Direncanakan, hasil verifikasi diumumkan pada tanggal 28 hingga 29 Januari mendatang.

“Hasilnya akan kita umumkan pada tanggal 28 sampai dengan 29 januari 2020, sekaligus pengumuman tersebut sebagai informasi kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa untuk dapat memberikan tanggapan atau informasi terkait dengan calon-calon anggota PPK tersebut. Bagi kepada calon anggota PPK yang dinyatakan lulus penelitian administrasi wajib mengikuti seleksi tertulis,” tambahnya.

Berita Terkait:  Pesan Gubernur NTB Saat Menghadiri Peringatan Isra Mi'raj

Diungkapkannya,berdasarkan ketentuan sebagaimana diatur dalam surat KPU RI Nomor 12/PP.04.2-SD/01/KPU/I/2020 prihal pembentukan PPK dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020 menyatakan bahwa dalam hal sampai dengan masa Pendaftaran berakhir tidak ada peserta yang mendaftar atau kurang dari 2 kali jumlah PPK yang dibutuhkan, maka KPU Kabupaten/Kota membuka perpanjangan waktu pendaftaran selama 3 hari. Namun berdasarkan rekapitulasi, jumlah pendaftar dari 24 Kecamatan diwilayah kerja KPU Kabupaten Sumbawa telah memenuhi jumlah 2 kali kebutuhan untuk setiap Kecamatan. Sehingga diputuskan untuk tidak memperpanjang masa Pendaftaran.

Berita Terkait:  Menuju WBK, Imigrasi Sumbawa Siap Lakukan Terobosan di 2020

“Kami KPU Kabupaten Sumbawa menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas antusiasme masyarakat untuk menjadi bagian dari penyelenggara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Tahun 2020. Tentu ini akan semakin membulatkan tekad dan semangat kita untuk menghadirkan sebuah proses pemilihan yang betul-betul berkulitas, sukses hasil dan sukses Proses,” tukas Wildan. (red)