Beranda SOSMAS Pupinka Gelar Diskusi tentang Sampah dan Bergotong Royong

Pupinka Gelar Diskusi tentang Sampah dan Bergotong Royong

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Kegiatan yang dilaksanakan oleh Karang Taruna Pustaka Pinggir Kali (Pupinka) bersama Lembaga Persatuan Penyandang Disabilitas Sumbawa patut diapresiasi.

Ahad (23/2) kemarin, mereka telah melaksanakan kegiatan gotong royong. Selain itu, ada pula acara senam bersama disertai diskusi terkait persoalan sampah dan wilayah bantaran sungai.

Kepada NUSRAMEDIA, Ketua Karang Taruna Pupinka, Memet Satria Wirawan menerangkan, bahwa kegiatan ini juga dimaksudkan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

“Dalam rangka peringati hari peduli sampah nasional. Kegiatan ini merupakan inisiasi kita bersama (Pupinka dan Lembaga Persatuan Penyandang Disabilitas Sumbawa),” ujar pria yang kerap disapa Memet ini.

“Alhamdulillah, berjalan baik dan lancar. Kegiatan ini juga di support penuh oleh Rumah Sakit Surya Medika yang kebetulan masuk pada lingkungan kami (RW 003 Kelurahan Bugis),” tambahnya.

Berita Terkait:  Pekerja Hiburan Malam di Mataram dapat Bantuan

Memet mengaku cukup senang dan bahagia serta memberika apresiasi kepada pihak yang hadir maupun terlibat. Dimana ia menilai antusias para penyandang disabilitas cukup luar biasa peduli terhadap sampah.

“Luar biasa antusias saudara-saudara kami. Dan ternyata mereka sangat peduli terhadap persoalan sampah,” katanya.

Ia juga menerangkan mengapa kegiatan itu dipusatkan di RW 003, Bugis. Itu lantaran lokasi tersebut merupakan kampung yang berada di pertengahan kota, namun tidak pernah tersentuh baik dalam pengelolaan sampah ataupun wilayah bantaran sungainya.

“Semakin terkikis oleh aliran sungai. Karena tidak ada talud ataupun bronjong yang menahan. Selain itu juga tidak pernah tersentuh dalam pengelolaan sampahnya. Jadi inilah beberapa alasan mengapa kegiatan ini kami pusatkan disini,” jelasnya.

Berita Terkait:  Bang Zul Sapa dan Bantu Korban Kebakaran di Seteluk

Dia menerangkan, bahwa kegiatan yang terlaksana itu merupakan kali kedua dilakukan oleh pihaknya. “Ini yang kedua, kami harap kegiatan ini bisa memberikan solusi dari apa yang menjadi keluhan kami (soal sampah dan bantaran sungai yang terkikis),” demikian harap Memet.

Sementara itu, Camat Sumbawa-Hikmawan mengungkapkan pihaknya juga memiliki misi sumbawa bersih. Pentingnya lagi, ia mengaku sangat mendukung giat yang dilaksanakan Pupinka.

Karenanya, ia berjanji akan memfokuskan beberapa program pengembangan kota, salah satunya yaitu diwilayah RW 003 yang juga merupakan wilayah pupinka.

Kemudian, senada dengan Camat Sumbawa, Evu dari pihak Arpusda setempat, menegaskan akan siap membantu Pupinka dalam berbagai macam kegiatannya. Bahkan, direncanakan Arpusda akan memberikan bantuan tambahan buku. Bahkan dikesempatan itu juga, Evi mengajak Pupinka untuk kolaborasi dalam mengembangkan literasi.

Berita Terkait:  Danrem dan Kapolda NTB Silaturahim ke Posko SUKA

Ditambahkan Junaidin selaku Pembina Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala), sampah kata dia adalah persoalan yang serius untuk segera disikapi dengan bersama-sama. Ia melihat sampah jika dikelola akan menjadi suatu kebaikan dan keuntungan yang menghasilkan nilai ekonomi.

“Jadi memang persoalan ini harus segera kita sikapi bersama. Sebenarnya sampah ini jika dikelola akan menjadi suatu yang bermanfaat. Yaitu sumber penghasilan dan ekonomis bagi masyarakat,” demikian Junaidin yang juga merupakan Dosen di Unviersitas Teknologi Sumbawa (UTS) ini.

Untuk diketahui, Selain Camat Sumbawa, Pembina Mapala dan pihak Arpusda, acara itu juga dihadiri oleh Lurah Bugis Zulkarkarnan, para ibu PKK Kampung Bugis, Team Plan, Team STBM serta sejumlah Karang Taruna Kecamatan Sumbawa. (red)