SOSMAS

Pemdes Sapugara Bree Berikan Bantuan Sembako bagi Warga

40 ORANG LAKUKAN ISOLASI MANDIRI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA BARAT — Setiap warga yang melakukan isolasi diri secara mandiri, menjadi perhatian pemerintah desa (pemdes) Sapugara Bree, Kecamatan Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat.

Hal itu dilakukan warga, tak lain dalam upaya melakukan pencegahan penyebaran virus corona. Pemdes Sapugara Bree pun memberikan bantuan sembako, Sabtu (4/4).

Kepala Desa Sapugara Bree, Andi Subandi mengatakan, bantuan diberikan kepada 40 orang warganya yang sedang melakukan isolasi mandiri. Sesuai rencana, bantuan akan diberikan 2 kali dalam seminggu.

“Bantuan diberikan untuk meringankan beban mereka, dan sebagai salah bentuk apresiasi pemerintah desa karena mereka telah bersedia melakukan isolasi mandiri dengan mengikuti protokol (COVID-19) yang telah ditetapkan,” tuturnya.

Pria yang kerap disapa Andi itu menjelaskan, bahwa 40 orang warga Sapugara Bree yang melakukan isolasi mandiri merupakan pelaku perjalanan dari daerah terpapar.

Mereka memutuskan untuk melakukan isolasi mandiri guna memastikan kesehatannya. Ini ditindak lanjuti dengan pengawasan dan pepantauan dari Tim Satgas Covid 19 Desa Sapugara Bree (DSB), Babinsa, Babinkamtibmas, Bidan desa dan petugas Puskesmas Pembantu (Pustu).

Sehari sebelumnya, yakni pada Jumat (03/04/2020), Pemdes Sapugara Bree juga memberikan penghargaan berupa sertifikat dan bantuan sembako kepada 9 warganya yang telah selesai mengikuti isolasi mandiri selama 14 hari.

Ke sembilan warga yang mendapat penghargaan, merupakan pelaku perjalanan dari daerah terjangkit. Mereka satu keluarga pulang dari Batam. Selama melaksanakan Isolasi Mandiri, mereka telah mematuhi protokol dan sudah dinyatakan ‘bebas’ atau dengan kata lain tidak menunjukkan gejala yang mengarah ke covid-19.

Adapun penghargaan diberikan, sebagai apresiasi atas kesediaan dan kepatuhan selama isolasi mandiri, dan diharapkan menjadi motivasi bagi warga lainnya untuk mematuhi protokol isolasi mandiri dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona di Bumi Pariri Lema Bariri. (red)