Beranda SOSMAS Pemda Sumbawa Dinilai Lamban Soal Informasi Corona

Pemda Sumbawa Dinilai Lamban Soal Informasi Corona

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Munculnya laporan terkait seorang warga Kecamatan Lunyuk yang diduga sempat kontak erat dengan pasien positif virus corona (Covid-19) di pulau lombok membuat kepanikan warga Kabupaten Sumbawa.

Bahkan warga Lunyuk dimaksud telah diisukan positif corona. Padahal pasien baru bisa dikatakan positif setelah melalui cek lab dan prosedur penanganan kesehatan lainnya.

Terhadap hal ini, Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Sumbawa, Nanang Nasiruddin S.AP menyesalkan kurang responsifnya Pemda Sumbawa dalam hal keterbukaan informasi.

Dikatakan, keterangan resmi dari pihak Pemda sangat dibutuhkan untuk memberikan kejelasan terkait isu yang berkembang saat ini. Kemudian penjelasan cara penanganan yang akan dan telah dilakukan.

“Dalam situasi seperti ini Pemda harus sering memberikan keterangan pers atas perkembangan yang terjadi. Bagaimana proses penanganan pasien, apa kesiapan tim medis dan lain sebagainya. Agar masyarakat tetap waspada,” ujarnya kepada media ini, Rabu (25/3).

Ditegaskan Nanang, jika Pemda Sumbawa telah menentukan juru bicara terkait corona, jangan hanya diam saja. Terlebih lagi ketika wartawan hendak meminta keterangan. Karena keterangan resmi Pemda tersebut dapat menenangkan masyarakat.

“Jangan diam, harus buat release agar masyarakat menjadi tenang dengan tidak menutupi apa yan yerjadi sebenarnya. Dengan keterangan dari pemerintah, maka masyarakat dapat membatasi semua aktivitasnya. Terutama diwilayah yang sudah terindikasi terjangkit Covid-19,” pungkas Nanang. (red)