Beranda SOSMAS Partisipasi Pemilih Sumbawa Lampaui Target Nasional

Partisipasi Pemilih Sumbawa Lampaui Target Nasional

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Upaya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa dalam meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu 2019 menuai hasil cukup memuaskan. Dari target sebesar 77,5 persen yang ditetapkan nasional, ternyata hasilnya bisa mencapai sekitar 82,7 persen.

Ketua KPU Sumbawa, M. Wildan, M.Pd mengatakan, angka partisipasi pemilih di Sumbawa mencapai 82,7 persen. Jumlah ini melebihi partisipasi pada Pilkada, Gubernur NTB 2018 lalu, bahkan target nasional.

“Angka partipasi pemilih kita mencapai 82,7 persen jauh melampaui partisipasi Pilkada gubernur 2018 diangka 76 persen, dan bahkan melampaui dari 77,5 persen target nasional. Akumulasi pemilih DPT, DPTB dan DPK sekitar 341.136 orang, yang menggunakan hak pilih kisaran 281 ribu,”  ungkapnya, Sabtu (4/5).

Berita Terkait:  Hj Niken : Saatnya Perempuan Berani Berbicara!

Disebutkannya, adapun sejumlah faktor yang menyebabkan meningkatnya partisipasi pemilih tahun ini. Seperti sosialisasi yang sering dilakukan oleh penyelenggara, pemerintah dan peserta Pemilu itu sendiri. Termasuk yang paling terpenting, karena kesadaran masyarakat untuk memilih, bahwa satu suara menentukan nasib bangsa 5 tahun ke depan.

“Bisa jadi meningkatnya partisipasi pemilih sebagai salah satu dampak positif dari Pemilu serentak, yakni Pileg dan Pilpres dalam waktu yang bersamaan,” tambahnya.

Atas capaian ini, ia mengapresiasi kontribusi seluruh komponen masyarakat dan pemerintah.

Berita Terkait:  Satgas Pangan Polda NTB Lakukan Sidak di Kota Mataram

“Kami mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah memberikan hak suaranya untuk menentukan pemimpin dan wakilnya 5 tahun mendatang. Kepada pemerintah dan Polri/TNI yang sudah berperan aktif dalam menyukseskan pemilu, kami menyampaikan apresiasi dan terimakasih,” demikian ucap Wildan. (NM3)