Beranda SOSMAS Operasi Patuh Gatarin 2020 Dimulai

Operasi Patuh Gatarin 2020 Dimulai

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Polres Sumbawa mulai melaksanakan Operasi Patuh Gatarin tahun 2020 selama 14 hari kedepan. Dimulai dari 23 Juli hingga 5 Agustus. Dalam pelaksanaannya, pengendara tidak hanya diminta untuk tertib berlalu lintas namun juga tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Jadi untuk Operasi Patuh Gatarin 2020 ini sebenarnya tujuannya ada dua. Tujuan pertama meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib lalu lintas. Kedua ialah meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan,” ujar Kasat Lantas Polres Sumbawa Iptu Samsul Hilal, SH kepada wartawan, Kamis 23 Juli 2020.

Berita Terkait:  PAUD untuk Tumbuh Kembang Anak

Dalam menegakkan protokol kesehatan kepada pelanggar jelas Kasat, petugas Polres Sumbawa akan memberikan teguran secara lisan dan tertulis kepada pengguna jalan yang kedapatan melanggar protokol kesehatan dimaksud.

“Kalau kita akan melakukan teguran lisan dan teguran secara tertulis. Teguran secara tertulisnya itu dengan cara saya memberikan blangko pelanggaran protokol kesehatan,” tambahnya.

Dikatakan, Operasi Patuh Gatarin 2020 merupakan agenda rutin Kepolisian Lalu Lintas selama 14 hari. Ada lima jenis pelanggaran yang menjadi sasaran utama dalam operasi ini.

Berita Terkait:  Wabup Sarif : Antisipasi COVID-19 Butuh Kekompakkan

Yaitu melawan arus lalu lintas, melanggar marka stop line, penumpang dan pengemudi tidak menggunakan helm SNI, melintas di bahu jalan tol, menggunakan rotator dan sirine tidak sesuai ketentuan.

“Pada hari pertama pelaksanaan Operasi Patuh Gatarin 2020 di Polres Sumbawa ini memprioritaskan teguran dan himbauan. Untuk kedepannya apabila masih banyak ditemukan pelanggaran kasat mata terutama pelanggaran yang menjadi sasaran utama Operasi Patuh Gatarin 2020 ini maka tidak menutup kemungkinan akan dilakukan penindakan tegas berupa tilang,” pungkasnya. (red) 

Berita Terkait:  Inilah Amunisi Melawan COVID-19 di NTB