SOSMAS

KPU NTB Berikan Pendidikan Demokrasi ke Masyarakat Pesisir

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTB terus berupaya meningkatkan partisipasi pemilih cerdas dalam menghadapi Pilkada 2020 mendatang. Salah satunya dengan mengunjungi masyarakat yang berada di pesisir atau kepulauan terluar.

Bersama jajaran KPU Sumbawa, KPU NTB memberikan edukasi atau pendidikan demokrasi kepada masyarakat, pada Minggu (10/11) di Pulau Medang, Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa.

Ketua KPU NTB, Suhardi Soud mengatakan, hajat utama sosialiasi yang dilakukan di Pulau Medang, guna mendorong partisipasi pada pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Sumbawa. Karena seluruh masyarakat NTB yang ada, baik itu berada di wilayah perkotaan, perdesaan maupun di pesisir kepulauan memiliki hak yang sama dalam hal tersentuh sosialisai Pemilu. arakat pesisir juga perlu disentuh untuk sosialisasi pemilu.

“Saya yakin masyarakat di NTB telah berpartisipasi aktif di dalam pemilu 2019 dan kita berharap pada Pilkada tahun 2020 partisipasi jauh lebih tinggi,” ujarnya.

Sekretaris KPU Sumbawa, Lahmuddin SE menyampaikan, untuk mensukseskan suatu perhelatan khususnya Pemilu tentu melibatkan berbagai pihak. Sehingga disini dibutuhkan banyak dukungan baik itu oleh penyelenggara Pemilu, mitra kerja, calon peserta hingga masyarakat sebagai pemilih.

“Disadari Betul Bahwa, kesuksesan sebuah Perhelatan tidak mungkin dapat dilakukan sendiri, tentu ada dukungan, kontribusi dan Partisipasi Positif banyak pihak, maka sepantasnyalah rasa terima kasih harus terlontar dengan tulus dan Ikhlas, menyadari hal tersebut, sebagai bentuk rasa terima kasih atas suksesnya Pemilu Tahun 2019, KPU menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Penyelenggara Pemilu Adhock dan Stakholder Pemilu,” jelasnya

Kehadiran jajaran KPU NTB dan KPU Sumbawa di Pulau Medang sangat disambut antusiat masyarakat setempat. Karena selama ini belum pernah disentuh dalam hal pendidikan demokrasi yang langsung diberikan oleh penyelenggara pemilu.

“Ini kunjungan perdana Ketua KPU Provinsi NTB maupun yang lainnya.  Kami berharap kunjungan ini memiliki momentum dalam mensukseskan tahapan pemilu demi tahapan. Sehingga apa yang menjadi harapan dapat terleksana dengan sebaik-baiknya,” ungkap Kades Bugis Pulau Medang, Abdul Razak.

Kegiatan yang bertajuk sosialisasi fasilitasi pendidikan pemilih pasca pemilu tahun 2019 tersebut dipimpin langsung oleh Ketua KPU Provinsi, Suhardi Soud, bersama Anggota KPU NTB, Yan Marli. Ikut hadir Ketua KPU Sumbawa, Anggota dan Sekretaris KPU Kabupaten Sumbawa.

Anggota KPU NTB, Yan Marli, yang menjadi narasumber utama, mengajak masyarakat setempat agar aktif memberikan hak pilih dalam setiap momentum pemilu maupun pemilihan kepala daerah. Karena dengan menggunakan hak pilihnya, masyarakat dapat berperan aktif dalam pembangunan daerah dan dapat menagih janji politik kepada pemimpin yang mereka pilih.

Tanya jawab pun mewarnai jalannya sosialisasi, bagi masyarakat yang memberikan pertanyaan dan menjawab pertanyaan yang diberikan narasumber, diberikan hadiah menarik berupa suvenir dari KPU NTB. (red)