Beranda SOSMAS Kondisi Hutan Memprihatinkan, Koramil Utan Tanam 1500 Bibit Pohon

Kondisi Hutan Memprihatinkan, Koramil Utan Tanam 1500 Bibit Pohon

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Hutan di wilayah NTB khususnya di wilayah Pulau Sumbawa kondisinya sudah memprihatikan. Hal tersebut mendapat perhatian dari berbagai pihak dan komunitas pencinta hutan dan lingkungan seperti yang dilakukan Koramil 1607-09/Utan bersama pihak kehutanan, aparat desa Rhee Loka, komunitas trail Rhegee Max Rhee dan adik-adik Pramuka hari ini di kawasan hutan Blok Turen Tawer RTK 60 Desa Rhee Loka Kecamatan Rhee Kabupaten Sumbawa, Minggu (26/1).

Kecintaan mereka terhadap hutan dan lingkungan dengan melakukan penanaman 1500 bibit pohon diatas lahan seluar 2 hektar dari berbagai jenis seperti pohon gelumpang, gaharu, mahoni, sukun, kulur, Ara dan bibit pohon beringin.

Berita Terkait:  Peduli, Rp 108,5 Juta dari BPJS untuk Lombok Utara

“Hari ini, kami bersama-sama menanam sekitar 1500 bibit, semoga bibit pohon ini bisa tumbuh dan memberikan manfaat bagi kita semua terutama disekitar kawasan hutan,” ujar Danramil Utan Rhee Kapten Inf Robert Patiploi di lokasi.

Menurutnya, gerakan penanaman bibit pohon tersebut sebagai wujud kepedulian semua pihak untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan kembali hutan yang sudah gundul akibat penebangan hutan secara liar.

“Penanaman ini bertepatan dengan musim hujan, semoga bisa tumbuh subur dan besar, dan tentunya kita jaga bersama untuk kebaikan kita bersama terutama anak cucu kita kedepan,” terangnya.

Berita Terkait:  Menghidupkan Toleransi Dikalangan Milenial

Sementara Komandan Kodim 1607/Sumbawa Letnan Kolonel Inf Samsul Huda, SE. M.Sc., saat dikonfirmasi membenarkan kegiatan reboisasi hutan tersebut dan memberikan apresiasi kepada Koramil jajarannya maupun semua pihak yang dengan ikhlas memanfaatkan waktu libur untuk tetap peduli terhadap lingkungan terutama kawasan hutan.

Menurutnya, fungsi hutan Indonesia tidak hanya menjadi paru-paru dunia, namun juga sebagai sumber kehidupan bagi masyarakat khususnya disekitar maupun didalam kawasan hutan tentunya dengan pengelolaan hutan yang baik.

“Alhamdulillah sampai saat ini, Kodim bersama instansi terkait masih eksis melaksanakan patroli di kawasan hutan sesuai dengan petunjuk dari pimpinan dengan harapan dapat menghentikan atau meminimalisir adanya ilegal loging,” tandasnya.

Berita Terkait:  Polda NTB Gelar Media Gathering

Kegiatan penanaman bibit pohon tersebut juga dihadiri Camat Rhee Lukmanuddin, S.Sos, Kapolsek Rhee Iptu Ruslan, para Babinsa Koramil Utan Rhee, RPH Utan Rhee BKPH Brang Rea Puncak Ngengas, Plh. Kades Rhee Loka, Komunitas Trail Rhegee Max, Pelajar dan Pramuka serta masyarakat setempat. (red)