Beranda SOSMAS Ketua DPRD Sumbawa Dorong Edukasi Kedisiplinan Protokol Kesehatan

Ketua DPRD Sumbawa Dorong Edukasi Kedisiplinan Protokol Kesehatan

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM,SUMBAWA — Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq menyoroti peningkatan jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Sumbawa.

Menurutnya, bertambahnya jumlah kasus ini lantaran kelonggaran yang diterapkan pemerintah belum diikuti kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

Pemerintah kemarin sudah membuka ruang untuk melonggarkan aktivitas masyarakat di fasilitas publik seperti masjid, pasar.

Seharusnya ketika pemerintah sudah membuka ruang kelonggaran tersebut, itu diikuti juga dengan tingkat kesadaran masyarakat yang juga harus tinggi untuk menerapkan protokol kesehatan.

Berita Terkait:  Pasca Banjir, JR Tegaskan Normalisasi Sungai Empang Harus Segera Dikerjakan 

Terutama cuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak dengan orang lain. “Ini kan yang saya liat justru terbalik. Ketika pemerintah sudah melonggarkan ini semua, justru tingkat kesadaran masyarakat semakin rendah,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (27/8).

“Logikanya dengan kita perketat saja kemarin itu juga masih banyak yang positif, apalagi sekarang sudah kita longgarkan dan tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol yang ditetapkan menurun,” imbuhnya.

Hal ini menurutnya menjadi masalah dan tanggungjawab bersama. Karena itu, ia mendorong agar edukasi dan sosialisasi dan diperkuat lagi.

Berita Terkait:  Bang Zul Serap Aspirasi Warga Kilo

Gugus tugas sudah bekerja maksimal. Tinggal bagaimana sekarang edukasi, sosialisasi bisa menyentuh bagian terkecil dari lapisan masyarakat.

“Karena saya juga sering mendengar masyarakat bahwa corona tidak berbahaya. Ini adalah persepsi yang salah menurut saya. Ini harus kita luruskan. Dan alhamdulillah saya memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah, pak Kapolres, pak Dandim, Kajari, Kepala Pengadilan, gugus tugas bersama OPD yang sudah mulai bergerak lagi memberikan pemahaman kepada masyarakat dan juga memberikan sanksi kepada masyarakat yang tidak mau menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Berita Terkait:  Peduli Batu Rotok, Rumah Dapur Serbaguna Dibangun

Diakuinya, DPRD terus memberikan dukungan terhadap gugus tugas. “Bentuk dukungan, kami mensupport, bicara anggaran kami siap mensupport anggaran gugus tugas,” pungkasnya. (red)