Beranda SOSMAS Kemhan dan Komisi I DPR-RI Bersinergi Sosialisasikan Pentingnya Bela Negara

Kemhan dan Komisi I DPR-RI Bersinergi Sosialisasikan Pentingnya Bela Negara

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Kementrian Pertahanan RI (Kemhan) melalui Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan (Pothan) bersama Komisi I DPR RI menyelenggarakan Sosialisasi Bela Negara Lingkup Pemukiman, di Aula Hotel Parahyangan, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (4/4/19).

Acara yang memiliki tujuan membangun Kesadaran Bela Negara tersebut merupakan salah satu upaya revolusi mental melalui pembangunan karakter bangsa, dibuka oleh Kasubdit Lingkungan Pemukiman Direktorat Bela Negara, Ditjen Pothan RI, Dra. Endang Purwaningsih M.Si. Turut hadir pejabat dari Kemhan RI, Anggota DPR RI, Kabid Kesbang Badan Kesbangpoldagri Sumbawa, Syarifah, S.Sos M.Si, serta diikuti Masyarakat NTB.

Kasubdit Lingkungan Pemukiman Direktorat Bela Negara, Ditjen Pothan RI, Dra. Endang Purwaningsih M.Si menyampaikan terselenggaranya sosialisasi bela negara karena bersinergi dengan Komisi I DPR RI yang merupkan mitra dari Kemhan RI.

Berita Terkait:  Alhamdulillah, Sholat Jum'at Berjamaah Kembali Digelar

“Kita memang bersinergi dengan komisis I sehingga kita menyelenggarakan di wilayah Dapil komisi I. Komisi I ini ada semua partai dan kita tidak memilih-milih. Tapi misinya kita adalah bagaimana kita mensosialisasikan bela negara kepada masyarakat,” ujarnya.

Dipaparkannya, kegiatan ini bertujuan menanamkan kecintaan kepada tanah air, memberitahukan pentingnya berbangsa dan bernegara,  yakin pada pancasila sebagai ideologi negara serta rela berkorban bagi bangsa dan negara.

“Bela negara ini kan bukan menghadapi ancaman militer, tetapi bagaimana membentuk sikap, mental dan prilaku masyarkat untuk supaya memiliki jiwa kecintaan kepada negara,” jelasnya.

Berita Terkait:  Korem Gelar Bintal Fungsi Komando

Selain itu, lanjutnya, sinergi yang dilakukan juga terkait dengan Pemerintah yang saat ini sedang menyusun Rancangan Undang-Undang Komponen Cadangan Nasional. Yang di dalamnya mengatur tentang bela negara, hak kewajiban bela negara dan mengatur tentang penyelenggaran bela negara itu sendiri.

“Itu sekarang yang dikerjakan Kementrian Pertahanan dan Pemerintah mendorong Komisi I DPR RI untuk disahkan,” ungkapnya.

Sementara Anggota Komisi I DPR RI, H. Muhammad Syafruddin ST., MM mengatakan sosialisasi bela negara sangat penting dilakukan. Karena dengan kegiatan ini dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat terkait kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kami di DPR khususnya komisis I ya bersyukur dalam momen-momen seperti ini Indonesia hadir ke masyarakat,” ujarnya.

Berita Terkait:  Tata Cara Melaksanakan Sholat Idul Fitri di Rumah

Diungkapkannya, Kabupaten Sumbawa yang menjadi bagian dari Dapilnya ini memang diarahkan  untuk pelaksanaan sosialisasi bela negara oleh Kemhan RI.

“Kebetulan saya hari ini mengarahkan Departemen Pertanahan RI untuk melaksankan di Sumbawa. Harapannya tentu jumlah penduduk Indonesia yang sangat luar biasa, ini rentan sekali dalam persatuan dan kesatuan, dan Pemerintah juga Anggota DPR punya tanggung jawab yang sama. Karena ini semua tidak hanya tanggung jawab dari masyarakat, pemerintah tapi bersama-sama. Oleh karenanya kami menggandeng supaya bisa memberikan, mudah-mudahan dengan jumlah yang terbatas ini ada rasa spirit untuk Indonesia yang lebih kuat lagi,” jelasnya. (NM3)