Beranda SOSMAS Keberadaan Bank Sampah Pondok Perasi Diapresiasi

Keberadaan Bank Sampah Pondok Perasi Diapresiasi

BERBAGI

“Menabung dan Merubah Perilaku”

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM – Keberadaan Bank Sampah Pondok Perasi nampaknya mendapat respon baik dari masyarakat. Terlebih Bank Sampah juga memberikan dampak positif bagi lingkungan.

Kepada wartawan, Wakil Direktur Bank Sampah Pondok Perasi, Solihin menjelaskan berdirinya bank sampah ini lantaran berangkat dari sebuah keprihatinan.

Terutama persoalan kondisi lingkungan yang semakin lama dipenuhi dengan sampah. Belum lagi dilingkungan yang berada dalam kawasan pesisir pantai.

Menurutnya, sampah yang kian menumpuk tentunya akan menimbulkan banyak masalah dikemudian harinya.

Sehingga diperlukan pengolahan seperti membuat sampah menjadi bahan yang berguna dan dapat dimanfaatkan bernilai ekonomis.

“Pengelolaan sampah dengan sistem bank sampah ini diharapkan mampu membantu pemerintah dalam menangani sampah dan meningkatkan ekonomi masyarakat,” tutup Solihin.

Berita Terkait:  JPS Mantap Datang, Masyarakat Senang

Terpisah, Camat Ampenan Muzakir Wallad memberikan apresiasi terhadap bank sampah tersebut. Inisiasi ini kata dia, sangat luar biasa.

Karena itu pemerintah kota Mataram merasa bangga dengan keberadaan Bank Sampah Pondok Perasi yang menjadi gerakan dalam menangani sampah di Kota Mataram.

“Saya bangga dengan adanya Bank Sampah Pondok Perasi ini. Kalau kita liat potensi pantai pondok prasi sangat memungkinkan untuk di jadikan lokasi kawasan wisata pantai untuk klaster pesisir,” ucapnya.

“Kami  berharap ini terus berjalan dan berkesinambungan. Karena memulai sesuatu perjalanan 1000 mil itu di mulai dari langkah kecil. Jadi pastikan warga pondok perasi bersama-sama bahu membahu dalam mewujudkan itu semua. Tentu golnya adalah bagaimana meningkatkan ekonomi masyarakat dengan meghadirkan kampung wisata di pondok perasi dan tentunya di suport dengan kegiatan bank sampah oleh masyrakat dan teman – teman relawan Bank  Sampah yang ada di Pondok Perasi. Semoga ini menginspirasi,” demikian Muzakir menambahkan.

Berita Terkait:  Sikapi Banjir Bandang di Empang, NR Langsung Koordinasi dan Salurkan Bantuan

Sementara itu, Wakil Gubernur NTB, Hj Sitti Rohmi Djalilah mengungkapkan bahwa manfaat bank sampah untuk masyarakat adalah dapat menambah penghasilan masyarakat.

“Karena saat mereka menukarkan sampah, mereka akan mendapatkan imbalan berupa uang yang dikumpulkan dalam rekening yang mereka miliki,” ujarnya, Selasa (30/7).

Ia mengakui, masyarakat sewaktu-waktu dapat mengambil uang pada tabungannya saat tabungannya sudah terkumpul banyak.

“Imbalan yang diberikan kepada penabung tidak hanya berupa uang, tetapi ada pula yang berupa bahan makanan pokok seperti gula, sabun, minyak dan beras,” ucapnya.

Berita Terkait:  Serap Aspirasi Penyiaran, KPID NTB Kunjungi Pemda KLU

“Maka dari itu, saya berharap Bank Sampah Pondok Prasi ini bisa terus berjalan, jangan sampai hanya secara seremonial saja. Tapi justru aktifitasnya bisa lebih dikembangkan,” demikian Wagub NTB.

Untuk diketahui, sebelumnya tepat pada 18 Juli 2019 lalu Wagub NTB melaunching Bank Sampah Pondok Perasi ini.

Dikesempatan itu, ia menyatakan keberadaan bank sampah harus terus didukung dan didorong lebih baik lagi.

Karena dengan keberadaan bank sampah berperan penting dalam mendukung pemerintah dalam mengatasi persoalan sampah. (NM1)