Beranda SOSMAS Kaum Disabilitas Dinilai Cukup Paham Tata Cara Memilih

Kaum Disabilitas Dinilai Cukup Paham Tata Cara Memilih

BERBAGI
Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Provinsi NTB, Zuriati. (Foto : Dok. nusramedia)

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTB baru saja usai menggelar Sosialisai Fasilitas Pendidikan Pemilih Pemilu 2019 bagi para penyandang disabilitas.

Kegiatan itu terlaksana tepatnya di Desa Rarang Selatan, Kecamatan Terara, Kabupaten Lombok Timur, sekitar pukul 10.00 Wita.

Turut pula dihadiri, pihak Dinas Sosial Lotim, Pemdes setempat, Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) NTB, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU NTB, Zuriati.

Puluhan penyandang disabilitas atau kaum difabel juga diperkenalkan dengan jenis surat suara, termasuk metode pencoblosan, peserta pemilu hingga pemberitahuan jadwal pelaksanaan pemilu 2019.

Berita Terkait:  Pentingnya Penguatan Pesan Perdamaian Melalui Media Sosial

Kepada media ini, berdasarkan dari kacamata KPU sendiri, Zuriati mengaku masyarakat dari kalangan disabilitas sudah cukup paham tata cara memilih yang baik dan benar.

Hal itu kata dia, terbukti pada saat acara sosialisasi yang berlangsung di Desa Rarang Selatan, pagi tadi.

Belum usai dijelaskan keseluruhan, kaum difabel sudah lebih dulu menjawab dan menerangkan balik dari apa yang disampaikan pihak KPU.

Kendati demikian, Zuriati mengaku tetap berpesan sekaligus berharap kepada para penyandang disabilitas, terutama dalam hal pencoblosan agar kertas suara dibuka sempurna lebih dulu, baru dilakukan pencoblosan.

Berita Terkait:  Soal PPHN, JR Serap Aspirasi Masyarakat di Bali

“Kami melihat, mereka sudah cukup paham soal tata memilih yang baik dan benar. Mereka juga kan, tidak sekali dua kali saja mengikuti pemilihan seperti ini, jadi mereka cukup paham. Pada saat sosialisasi tadi mereka juga tahu tata cara memilih,” kata Zuriati.

Adapun disampaikannya bahwa upaya sosialisasi untuk memberikan penyadaran kepada masyarakat betapa pentingnya menggunakan hak pilihnya pada pemilu mendatang.

Selain itu, dimaksudkan pula untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam rangka menyukseskan pemilu serentak 2019, khsususnya di NTB sendiri.

Berita Terkait:  DFAT dan ISAT Australia Kunjungi Disdukcapil Lombok Utara

Untuk memudahkan mereka tambah Zuriati, pihak KPU melalui relawan demokrasi juga telah bersiap memberikan pelayanan terbaik bagi para penyandang disabilitas pada saat di TPS.

“Intinya kita akan terus berupaya maksimal, salah satunya gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Terutama bagi saudara-saudara kita para penyandang disabilitas,” ujarnya.

“Karena dalam persoalan (pemilu) ini, kalau berbicara hak semua memiliki hak yang sama tidak ada perbedaan,” tambah Zuriati sembari mengajak masyarakat NTB menyukseskan Pemilu 2019. (NM1)