Beranda SOSMAS Giliran Sapri Penderita Infeksi Menahun Dibantu Gubernur NTB

Giliran Sapri Penderita Infeksi Menahun Dibantu Gubernur NTB

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, LOMBOK TIMUR — Sikap kepekaan atau kepedulian yang ditunjukkan oleh Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah sebagai seorang pemimpin patut diapresiasi.

Tentunya pola kepemimpinan sepertinya, sangat di idamkan oleh rakyat, khususnya masyarakat di Nusa Tenggara Barat. Betapa tidak, ia selaku merespon cepat isu sosial dan kesehatan yang mencuat di sosial media.

Untuk kesekian kalinya, kini Gubernur membantu Sapri (52) warga Dusun Pemokong, Desa Pemokong, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Sabtu (21/11).

Dimana Sapri diketahui menderita lumpuh akibat diserang penyakit menahun. Oleh karenanya, Gubernur NTB memberikan sejumlah dana bantuan, termasuk telah menyiapkan pelayanan pengobatan lebih lanjut kepada Sapri.

Adanya sosmed sangat membatu peningkatan pelayanan birokrasi. Hal positif yang dipetik dari isu media sosial adalah sebagai “mata dan telinga” pemerintah untuk melihat dan mendengar informasi kondisi masyarakat yang belum tersentuh kebijakan.

Berita Terkait:  Demi Kebaikan Bersama : Ayo Pakai Masker!

Penjangkauan dan asesment terhadap salah satu Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) yang saat ini berada di RSUD Soedjono Selong cepat dilakukan oleh Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Sosial Provinsi NTB.

“Alhamdulillah Sapri telah tertangani, melalui Tim Pekerja Sosial telah dilakukan penjangkauan langsung untuk melakukan asesment. Guna mendapatkan informasi detail kondisi kesehatan, sosial dan ekonominya,” ungkap Gubernur melalui Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB, H Ahsanul Khalik, S.Sos., MH.

Menurutnya, Sapri saat ini masih terbaring di RSUD dr. Soedjono Selong Lombok Timur. Melihat keadaannya, kemudian telah ditawarkan untuk dirujuk RSUD Provinsi NTB agar mendapatkan pelayanan pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut.

Akan tetapi, isteri Sapri tidak sanggup kalau suaminya dirujuk ke RSUD Provinsi. Alasannya, tidak ada teman yang menunggu dan mengurus suaminya jika dirujuk ke RSUD Provinsi NTB.

Berita Terkait:  Trisula Desa Montong Gamang Turun Sukseskan TMMD ke-106 

Lantaran informasi keluarganya enggan untuk dirujuk di RSU Provinsi NTB, maka Pemerintah Provinsi NTB melalui Kadis Sosial Provinsi mengkomunikasi dengan Pemerintah Lombok Timur melalui Sekretaris Daerah.

Alhasil, selanjutnya Pemerintah Kabupaten Lombok Timur yang akan membahas dengan Direktur RSU dr. Sodjono Selong untuk memprioritaskan penanganan warga tersebut.

“Gubernur NTB juga mengirimkan sejumlah uang untuk meringankan kebutuhan sehari-hari keluarga dan akan dilakukan pemantauan lebih lanjut,” kata Khalik.

Sekedar untuk diketahui, saat ini Sapri sudah 12 hari di rawat di RSUD Soedjono Selong. Pria itu menderita sakit selama 4 tahun. Pihak RS menginformasikan akan melalukan operasi tangannya yang terinfeksi pada tiga bulan yang akan datang, lantaran masih ada kendala penyakit lain di paru-parunya.

Sapri memiliki BPJS gratis dari pemerintah. Sarina isteri Sapri merupakan salah satu KPM Penerima PKH Kemensos di Kecamatan Jerowaru. Saat ini, isterinya membutuhkan bantuan berupa kebutuhan sehari-hari. Seperti makan, alat kebersihan, dan kebutuhan yang lainnya.

Berita Terkait:  Konser Virzha Guncang Lapangan Umum Mataram 

Karena selama dirumah sakit ibu Sarina tidak bisa mencari uang untuk kebutuhan sehari-hari. Bantuan PKH yang diterima tidak mencukupi karena nominalnya kecil. Selama dirumah sakit ibu Sarina dibantu oleh keluarga dan tetangga yang kebetulan datang menjenguk di Rumah Sakit. Saat ini Safri telah dibantu Gubernur NTB dengan merespon informasi di Medsos.

Tak terhitung isu media sosial yang sudah ditanggapi Bang Zul sapaan akrab Gubernur NTB. Salah satunya keadaan Sapri warga Lombok Timur yang menderita penyakit menahun ini. Kemudian isu yang sama di Kabupaten/Kota telah dibantu berkat curahan para keluarga yang merasa membutuhkan bantuan. (red)