Beranda SOSMAS Empat Terduga Pelaku Ilegal Logging Diamankan

Empat Terduga Pelaku Ilegal Logging Diamankan

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Balai KPH Ampang-Plampang berhasil mengamankan empat orang terduga pelaku illegal logging.

Keempat orang tersebut didapati ketika melakukan kegiatannya di wilayah Blok Ai Ngerung RPK 64 Kelompok Hutan Dodo Jaran Pusang Kecamatan Labangka, Selasa (16/7) sekitar pukul 14.15 Wita.

Kepala Balai Ampang-Plampang, Dedy Purwanto yang dikonfirmasi wartawan membenarkan hal tersebut. Dikatakan, pengungkapan terjadi ketika pihaknya melakukan operasi rutin.

Selain keempat terduga pelaku, ada juga barang bukti yang ditemukan di lokasi. Diantaranya yaitu dua unit chensaw, parang, dua kayu jenis santan masih dalam bentuk batangan dan kayu yang sudah jadi balok.

Berita Terkait:  Peduli Lansia PSLU Mandalika, Niken : "Mari Berikan Perhatian Kepada Orang Tua Kita"

“Kayu yang diamankan dua batang, karena mereka saat itu menebang,” ujarnya, Rabu (17/7).

Diungkapkannya, wilayah Blok Ai Ngerung merupakan salah satu titik yang dicurigai paling rawan terjadinya tindakan perambahan hutan dan illegal logging.  Lokasinya sendiri jauh dari Desa dan harus menyeberangi delapan sungai.

Terhadap terduga pelaku dan barang bukti saat ini sudah diamankan dan dalam proses penyidikan PPNS Dinas LHK Provinsi NTB.

“Empat orang ini berdasarkan  pengakuan mereka didatangkan dari Lombok. mereka mengaku ke kami saat introgasi, bahwa sehari sebelum diamankan mereka baru datang dari Lombok. Mengenai siapa yang mendatangkan, itulah yang sedang dalam pengembangan penyidikan. Itu masuk rana penyidikan tidak bisa kita simpulkan,” tukasnya. (NM3)

Berita Terkait:  Gencarkan NTB Hijau, 6.035 Pohon Ditanam