Beranda SOSMAS Dinsos NTB dan Kanwil Bulog Bahas Persiapan Distribusi Beras bagi KPM PKH

Dinsos NTB dan Kanwil Bulog Bahas Persiapan Distribusi Beras bagi KPM PKH

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM — Guna membahas persiapan pendistribusian beras bagi keluarga penerima manfaat (KPM) program keluarga harapan (PKH) Kemensos RI, Dinas Sosial Provinsi Nusa Tenggara Barat menyambangi Kantor Wilayah (Kanwil) Perum Bulog NTB untuk berkoordinasi.

Berdasarkan hasil koordinasi itu, maka dipersiapkan data penerima dan kesiapan beras. Terlaksananya koordinasi itu, sebelumnya menindaklanjuti surat Kanwil Perum Bulog NTB, Nomor : B-88/23020/08/2020 tanggal 5 Agustus 2020, hal laporan kesiapan beras Bansos.

Tanpa lama, H Ahsanul Khalik selaku Kepala Dinas Sosial NTB langsung mengintruksikan jajaran Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Jamsos) untuk segera berkoordinasi dengan Kanwil Perum Bulog.

Selain itu, mempersiapkan data KPM PKH calon penerima beras dengan rencana alokasi untuk 3 (tiga) bulan masing-masing 15 kilogram.

Berita Terkait:  Tingkatkan Pengetahuan, PM Diberikan Pelatihan Buat Pupuk Kompos

“Hasil koordinasi, Dinsos Provinsi NTB mempersiapkan data, sedangkan kanwil Perum Bulog mempersiapkan kuota beras,” kata Kepala Dinsos NTB melalui Kepala Seksi Linjamsos-Kukuh Atmadi di Mataram.

Kukuh menjelaskan, selain membahas kesiapan data dan kuota beras. Kesiapan tekhnis pendistribusian dan koordinasi dengan kabupaten/Kota juga menjadi fokus pembahasan.

Itu, lanjut dia, sembari menunggu kesiapan Perum Bulog berdasarkan hasil koordinasi dengan Bulog Pusat. “Pemetaan data dan konsolidasi pendampingan akan kami siapkan. Agar calon penerima bansos beras sesuai dengan data terkini,” ungkap Kukuh.

Sementara itu, Kabid Komersial Kanwil Perum Bulog Provinsi NTB, Eri Nurul Hilal menyampaikan, bahwa Kanwil Bulog sedang mempersiapkan beras secara kuantitas dan kualitas.

Berita Terkait:  Sembelih 37 Ekor Hewan Qurban, Johan Rosihan dan ACT Berbagi Kebahagiaan

Ini dimaksudkan agar beras yang terdistribusi layak di konsumsi. Selain itu, pihaknya sedang berkoordinasi dengan Bulog Pusat, terkait tekhnis pelaksanaan pendistribusian beras tiga bulan tersebut.

Untuk itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinsos NTB, terkait data calon penerima bansos beras ini. “Kami masih menunggu intruksi lebih lanjut dari pusat, terkait tekhnis pelaksanaanya. Semoga agustus ini bisa mulai berjalan,” harapnya.

Eri mengaku, bahwa masing-masing Kabupaten telah ada cabang Bulog berikut dengan gudang masing- masing. Seperti Di Bima, Kota Bima dan Dompu, dibawah naungam Bulog Kota Bima. Sedangkan sumbawa menaungi Sumbawa dan Sumbawa Barat.

Berita Terkait:  Wagub NTB : Jangan Dianggap Remeh!

Lantas, untuk Lombok Timur ada cabag dan gudang Lombok Timur. Kemudian untuk Lombok Tengah, Lombok Barat, Lombok Utara dan Mataram dibawah naungan Kanwil Perum Bulog Provinsi. Akan tetapi, gudang tetap ada di kabupaten/Kota Masing-masing.

“Rencananya, akan ada simbolis masak beras di Kanwil Perum Bulog, untuk memastikan kesiapan beras berkualitas,” ucapnya didampingi Bidang Komersial lainnya.

Sekedar informasi, turut hadir dalam pertemuan tersebut, Koreg PKH Bali Nusra, Mukhlis ST, Korwil PKH NTB 1, Nurhasim dan Staf Linjamsos Dinsos Provinsi, Muhammad Hizam. (red)