Beranda SOSMAS Dinsos  Hadirkan Puskesos Hingga Desa dan Kelurahan

Dinsos  Hadirkan Puskesos Hingga Desa dan Kelurahan

BERBAGI
Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sumbawa Ir. A Yani.

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Pemkab Sumbawa terus mengupayakan optimalisasi layanan kesejahteraan sosial bagi masyarakat kurang mampu. Karena itu, Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) akan dihadirkan di seluruh desa dan kelurahan.

Selama ini, layanan bagi masyarakat tidak mampu masih terfokus di Kantor Dinas Sosial (Dinsos). Dengan adanya Puskesos di setiap desa/kelurahan, masyarakat kurang mampu bisa langsung mendapatkan pelayanan di desa/kelurahan masing-masing.

“Kami hari ini  kedatangan tamu dari Kemensos, karena rencana tahun 2020, kita punya DAK  terkait dengan bidang rehabilitasi sosial, penyandang cacat, linjamsos terkait pendataan maupun pusat kesejahteraan sosial. Tentu akan disediakan tempat,” Kata Kepala Dinas Sosial Sumbawa Ir. A Yani, Selasa (8/10)

Berita Terkait:  Banjar Baru Peduli Korban Gempa Lombok

Menurutnya, Puskesos akan dihadirkan secara bertahap di semua desa dan kelurahan. Untuk tahun pertama pihaknya mengajukan 60 usulan.

Adapun Fungsi Puskesos ini kata Yani,  sebagai pusat informasi  berkenaan dengan semua bantuan program perlindungan sosial dalam penanggulangan penanganan kemiskinan. Atau lazim disebut pusat informasi data berkaitan data kemiskinan, pelayanan terhadap fakir miskin dan PMKS.

“Terhadap persoalan yang tidak bisa ditangani oleh Puskessos, baru kemudian dirujuk ke Disos. Bentuk layanan sosial seperti Kube, KIS, KIP, UEP, Rastra. Intinya semua bentuk layanan sosial,” jelasnya.

Berita Terkait:  Gubernur NTB : Kita Akan Tetap Tertinggal Kalau Mengabaikan Pendidikan

Ditambahkan,  terhadap persoalan yang tidak bisa dilayani di Puskessos, maka untuk datang ke Disos masyarakat harus membawa surat pengantar dari Puskesos. (red)