Beranda SOSMAS Cegah Kanker Serviks, Dikes dan Kejari Gelar Tes IVA Gratis

Cegah Kanker Serviks, Dikes dan Kejari Gelar Tes IVA Gratis

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa dan Kejaksaan Negeri Sumbawa menggelar tes IVA, atau pemeriksaan leher rahim (serviks) secara gratis, di Kantor kejari Sumbawa, Jumat (19/7). Kegiatan ini dilakukan sebagai langkah deteksi dini ada tidaknya kanker serviks dan bagian dari rangkaian peringatan HBA ke-59.

Kepala Dinkes Kabupaten Sumbawa yang dikonfirmasi melalui Kasi Kesehatan, Hj. Ummi Kalsum, S.SiT., M.Mkes mengatakan, tes IVA  merupakan langkah baik dalam rangka mendeteksi sejak dini kanker leher rahim. Karena dengan mengetahui lebih awal, maka penanganan dapat dilakukan dengan segera dan peluang sembuh bagi penderita sangat besat.

“Karena IVA test itu memang langkah awal untuk memeriksa sejak dini yang kemungkinan adanya kanker leher rahim. Ketika kita sudah tau sejak dini, maka kemungkinan sembuh sangat besar harapannya. Artinya ketika kita mengetahui ada yang positif saat iva test ini langsung dilakukan penanganan. InsyaAllah tidak akan menjadi permasalah nantinya,” ujarnya kepada wartawan.

Berita Terkait:  Pemda Diminta Tinjau Ulang Keberadaan Pabrik Tembakau

Diungkapkannya, sejauh ini antusias masyarakat dalam melakukan tes IVA sangatlah minim. Terhitung di tahun 2018 lalu, dari target yang diinginkan sebanyak 19.474 pemeriksaan hanya ada 1.591 saja yang ada. Kemudian dari jumlah pemeriksaan yang dilakukan itu, 12 orang atau sekitar 0,75 persen dinyatakan positif dan langsung ditangani pihak Dinas Kesehatan. Untuk itu, adanya kegiatan seperti ini sangat diapresiasi oleh pihaknya.

“Antusiasnya masih minim, karena yang diperiksa bagian vitalnya dari wanita. Mungkin mereka merasa takut karena dikira akan sakit, kemudian yang kedua malu. Tapi sebenarnya pemeriksaan yang dilakukan hanya sebentar saja. Oleh karena itu Dinas Kesehatan ataupun lintas sektor yang lain diharapkan dapat memberikan penyuluhan atau motivasi kepada pasangan usia subur agar mereka mau memeriksakan iva test tersebut,” jelasnya.

Berita Terkait:  Trisula Desa Montong Gamang Turun Sukseskan TMMD ke-106 

Diakuinya, yang masih menjadi tantangan saat ini yaitu menyadarkan masyarakat tentang pentingnya melakukan tes IVA, terkhusus bagi pasangan usia subur diatas 30 tahun. Sehingga pihaknya mengajak semua pihak untuk bersama-sama memberikan penyuluhan dan motivasi kepada masyarakat.

“Tapi inilah PR kita bagaimana supaya masyarakat ini mau memeriksakan diri melalui penyuluhan-penyuluhan baik dilakukan oleh tenaga kesehatan melalui jaringannya Puskesmas, Puskesdes maupun lintas sektor yang lain,” tukasnya.

“Kami juga sangat mengapresiasi dengan yang diadakan Kejaksaan Sumbawa ini. Sangat bersyukur ada instansi yang mau begitu. Jadi kami dari Dinas Kesehatan siap dari tenaga untuk melakukan pemeriksaan tersebut. Harapannya semua lintas sektor yang mengetahui tentang IVA test memberikan motivasi kepada masyarakat. Dimana pemeriksaannya dapat dilakukan satu kali dalam 3 tahun,” demikian ditambahkan.

Berita Terkait:  Reses, Mohamad Ansori Serap Aspirasi Warga Kelurahan Bugis

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri Sumbawa, Iwan Setiawan S.H mengatakan, selain pemeriksaan kanker leher rahim pihaknya yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan juga mengadakan sunatan masal. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu sedikitnya dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Sumbawa.

“Ada kegiatan donor darah, sunatan massal, dan pemeriksaan kanker servick. Ini satu kegiatan spesifik yang perlu mendapatkan atensi dari masyarakat Sumbawa. Kita sudah kerjasama dengan Dinas Kesehatan dan akan dilaksanakan pada hari ini,” jelasnya. (NM3)