Beranda SOSMAS Bupati Najmul Hadiri Musda AMAN Paer Daya

Bupati Najmul Hadiri Musda AMAN Paer Daya

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, LOMBOK UTARA – Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar,  menghadiri Musyawarah Daerah Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Paer Daya di Desa Persiapan Segara Katon Kecamatan Gangga.

Kegiatan Musda dilaksanakan itu di ikuti 110 peserta, terdiri dari 22 komunitas masyarakat adat diantaranya Perempuan Aman, Pemuda Aman, Pengurus Harian AMAN Daerah Paer Daya, kemarin.

Dikesempatan itu, Bupati Lombok Utara memberikan apresiasi serta mengucapkan terima kasih kepada AMAN yang juga telah ikut berkontribusi bagi daerah.

Berita Terkait:  Dandim Sumbawa Apresiasi Upaya Mahasiswa UTS dan Koramil Moyo Hulu

Terlebih, dinilainya AMAN adalah salah satu organisasi besar masyarakat adat yang ada di Kabupaten Lombok Utara.

Ditambahkan pula beberapa keberhadilan dari AMANDA Paer Daya diantaranya membentuk MKD dan Gendu Rasa.

“Mungkin di seluruh kabupaten hanya Lombok Utara yang mempunyai ruang khusus untuk masyarakat adat dalam melakukan penyusunan program yang diusulkan kepada pemerintah,” kata Bupati Najmul.

“Sama juga dengan MKD, hanya baru Lombok Utara yang memiliki MKD. Dengan demikian, tak semua masalah dan persoalan harus kita serahkan kepada aparat penegak hukum, tetapi bisa diselesaikan secara kekeluargaan melalui MKD,” imbuhnya.

Berita Terkait:  Ringankan Beban Masyarakat, TNI-POLRI Gelar Dapur Lapangan

Sementara itu, Badan Pengurus Harian AMAN Wilayah NTB Lalu Prima Wira Putra menyatakan merasa tersanjung, ternyata AMANDA Paer Daya dapat membentuk lembaga Majelis Krama Desa (MKD) dan ruang musyawarah masyarakat melalui Gendu Rasa.

Lebih lanjut disampaikannya, daerah Lombok lainnya atau daerah lain di NTB memang belum ada. Pihaknya berharap kepada Bupati Lombok Utara untuk menindaklanjuti dan merekomendasikan hasil Renstra AMANDA Paer Daya yang dilaksanakan sebagai referensi program dan kegiatan kabupaten. (NM2)

Berita Terkait:  Pemprov NTB dan Unram Kerjasama Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan di Desa