Beranda SOSMAS Berbagai Pepatah Bijak Warnai Upacara Harkitnas di KLU

Berbagai Pepatah Bijak Warnai Upacara Harkitnas di KLU

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, LOMBOK UTARA – Berbagai pepatah bijak dari tiap daerah mewarnai momentum upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke – 111 di Kabupaten Lombok Utara (KLU), Senin (20/5) kemarin.

Diantaranya, dari tanah Minang diimbau dengan petuah “barek samo dipikua, ringan samo dijinjiang”. Indonesia juga diwarisi pepatah Sunda yang berbunyi “sacangreud pageuh, sagolek pangkek”.

Kemudian, dari bumi Anging Mamiri, bersama-sama belajar “reso temmangingi, namalomo, naletei, pammase dewataq”. Dari Bumigora diminta: “bareng bejukung, bareng bebose”.

Sedangkan pepatah dari Banua Banjar bersama-sama menjunjung “waja sampai kaputing” dan sebagainya.

Berita Terkait:  Tim Analisis PRCC : 93 Persen Warganet Merespon Positif Soal Denda Masker

Hal itu disampaikan oleh Menkominfo dalam amanatnya yang dibacakan oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekda KLU, Ir Hermanto sembari mengutip lontaran yang pernah diucapkan oleh Presiden RI Joko Widodo pada pidato di depan sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia tahun 2018 lalu.

“Dengan bertumpu pada kekuatan jumlah Sumber Daya Manusia dan populasi pasar, Indonesia diproyeksikan akan segera menyongsong harkat dan martabat baru dalam aras ekonomi dunia,” ucapnya.

“Bahkan dalam 10 sampai 30 tahun mendatang, poinnya terletak pada hasrat kita untuk tetap menjaga momentum dan iklim yang tenang dalam berusaha, yakni menjaga agar suasana kondusif, penuh harmoni dan persatuan,” tambahnya lagi.

Berita Terkait:  MCCC dan PWPM NTB Edukasi Masyarakat

Sebelumnya dikatakan pula, bahwa peringatan hari Kebangkitan Nasional yang ke-111 pada 20 Mei 2019 kali ini, relevan dimaknai dengan Sumpah Palapa.

Dimana berada dalam situasi setelah ajang demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat yang mengaspirasikan pilihannya yang berbeda-beda dalam pemilu.

Dipaparkannya, peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini, dilangsungkan pula dalam suasana Bulan Ramadhan bagi umat Islam.

Mengakhiri puasa dengan hati dan lingkungan yang bersih, berkat hubungan yang kembali fitri dengan saudara-saudara sesama manusia.

Berita Terkait:  Pemprov Apresiasi Dukungan Petra NTB

Untuk diketahui, upacara itu diikuti pula oleh Ketua DPRD KLU H. Burhan M. Nur, Kapolres Lombok Utara AKBP Herman Suriyono, Dandim 1606/Lobar Letkol. Czi Djoko Rahmanto.

Tak ketinggalan juga unsur Forkopimda KLU, Pimpinan OPD se–KLU, jajaran TNI/Polri dan ASN Pemda KLU. Bahkan turut pula ambil bagian yakni para pelajar serta tamu undangan lainnya. (NM2)