Beranda SOSMAS Aplikasi “NTB Care” Terus Dioptimalkan

Aplikasi “NTB Care” Terus Dioptimalkan

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM – Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfotik) NTB terus berupaya melakukan optimalisasi pada “Aplikasi NTB Care” sebagai kanal layanan untuk merespon berbagai bentuk pengaduan dan keluhan masyarakat terkait pelayanan public.

Plt Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfotik) Provinsi NTB, I Gede Putu Aryadi.

“Kita sedang terus melakukan pemantapan atau optimalisasi terhadap NTB Care. Jadi tidak hanya dari sisi tampilan, dan system, tapi juga respond an penanganannya (pengaduan),” kata Plt Kepala Diskominfotik NTB, I Gede Putu Aryadi, Rabu (29/5) di Mataram.

Kini lanjutnya, NTB Care semakin lengkap. Selain terdapat fasilitas untuk merespon pengaduan layanan publik, juga telah dilengkapi fitur pengaduan yang terkait dugaan pelanggaran hukum, yang disebut WBS (Wishtle Blowing Sistem).

Berita Terkait:  Ketum LKKS Ajak Masyarakat NTB Tingkatkan Kepedulian Sosial

“Fitur ini penting, sebagai implementasi dari prinsip/asas praduga tak bersalah. Sebab dengan fasilitas ini, memungkinkan masyarakat untuk mengadukan dugaan pelanggaran, termasuk berbagai jenis kejahatan korupsi lainnya,” kata pria yang kerap disapa Gede ini.

Identitas pengadu masih kata dia, benar-benar dijamin kerahasiaannya. Bahkan tidak akan dishare pada public selama proses penanganannya belum tuntas. Aduan tersebut akan ditangani langsung oleh aparat terkait pada unit pengaduan pemerintah.

Termasuk Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) maupun berkoordinasi dengan Aparat Penegak Hukum (APH) sesuai dengan mekanisme penanganan pengaduan hukum yang telah ditetapkan.

Berita Terkait:  Gubernur NTB Beri Penghargaan Desa, Sekolah dan Puskesmas Berprestasi

“Berbeda dengan penanganan pengaduan terkait layanan publik, akan dapat diakses langsung oleh masyarakat melalui mobile phone masing-masing,” demikian I Gede Putu Aryadi. (NM1)