Beranda SOSMAS Antisipasi Corona, Lapas Sumbawa Cegah Interaksi dari Luar

Antisipasi Corona, Lapas Sumbawa Cegah Interaksi dari Luar

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM,SUMBAWA — Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Sumbawa Besar turut berupaya dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan mencegah terjadinya interaksi dari luar dengan warga binaan.

Kepala Lapas Kelas II A Sumbawa Besar, M. Fadli, A.Md.IP.,S.Sos., M.M menyampaikan, pencegahan ini penting dilakukan supaya tidak terjadinya penyebaran covid-19 di dalam lapas.

“Yang kita lakukan adalah mencegah interaksi dengan pihak luar. Karena di dalam mereka (warga binaan red) sudah aman,” ujarnya dalam media gathering Lapas Sumbawa bersama media, Rabu (15/7).

Berita Terkait:  Lahir 1 Juli dapat SIM C Gratis

Pihaknya mencegah interaksi dari luar dengan tidak menerima kunjungan dari pihak keluarga. Tetapi yang diberlakukan adalah kunjungan online melalui video call saat jam kerja. Pihaknya sudah menyediakan fasilitas untuk layanan online tersebut. Selain itu untuk titipan makanan dan lain sebagainya, pihaknya tetap melakukan pemeriksaan. Barang yang dititip, disterilkan terlebih dahulu sebelum diperiksa. Adapun seluruh petugas juga diwajibkan menerapkan protocol kesehatan. Baik petugas keamanan, administrasi maupun pembinaan.

“Petugas kami yang bertugas wajib melaksanakan protocol kesehatan covid-19. Tidak bisa bersentuhan dengan warga binaan, tetap jaga jarak, dan tetap memakai masker,” terangnya.

Berita Terkait:  Doktor Zul Sampaikan Cerita Manis Tentang Seorang Kyai dan Santri

Diungkapkannya, di beberapa Lapas di Indonesia, sudah terdapat warga binaan yang terpapar covid-19. Khusus Sumbawa, sampai saat ini masih steril. Hal ini karena sejak awal, pihaknya tetap menerapkan upaya pencegahan.

“Alhamdulillah sampai hari ini Lapas Sumbawa masih steril, tidak ada warga binaan kita satupun yang terpapar covid. Mudah-mudahan seterusnya kita tidak ada yang terjangkit. Saya ingatkan terus teman-teman pegawai untuk tetap menerapkan pencegahan covid,” pungkasnya. (red)