Beranda POLITIK Sumbawa Tak Masuk Daerah Perkara Pemilu 2019

Sumbawa Tak Masuk Daerah Perkara Pemilu 2019

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Sebanyak 260 perkara pada Pemilu 2019 diajukan ke Mahkamah Kontitusi (MK). Dari jumlah tersebut, Kabupaten Sumbawa tidak termasuk didalamnya. Namun untuk penetapan Caleg terpilih, KPU Sumbawa masih harus menunggu surat resmi dari KPU RI.

Demikian diungkapkan Komisioner KPU Kabupaten Sumbawa, Nurul Khairani S.IP kepada wartawan, Rabu (17/7).

“Dari 260 perkara yang diajukan ke MK yang tercatat dalam BRPK tadi, Kabupaten Sumbawa tidak ada. Tetapi kami masih menunggu surat resmi dari KPU RI untuk menindaklanjuti proses rekapitulasi kemarin apakah kami akan bisa melakukan hal tersebut dalam beberapa hari ke depan,” ujarnya.

Berita Terkait:  Tim Pamatwil Pantau Rekapitulasi Disetiap Kecamatan

Sebetulnya KPU Sumbawa sudah menggendakan penetapan raihan kursi dan Caleg terpilih DPRD Sumbawa pada Kamis (4/7) lalu. Namun karena adanya surat dari KPU RI yang diterima secara tiba-tiba, maka penetapan tersebut ditunda.

“Dari tahapan yang tertunda kemarin, terkait dengan penetapan alokasi kursi pemilihan anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Tahun 2019 dan penetapan calon terpilih anggota DPRD Tahun 2019, kami baru menerima surat dari MK di bagian Kepanitraan dan Sekretaris Jenderalnya nomor suratnya 1844/pan.MK/07/2019 tertanggal 16 Juli 2019 perihal jawaban atas permintaan data,” jelasnya.

Berita Terkait:  Gubernur Effect Pemicu Kemenangan PKS

Diterangkan Nurul-akrabnya disapa, saat ini KPU RI telah meminta data kepada MK terkait daerah yang mengajukan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pemilu 2019.

“MK baru bisa meregistrasikan tanggal 1 Juli  2019 dalam buku registrasi perkara konstitusi ditanggal 1 Juli. Tapi karena ada banyak sekali perkara sekitar 260 perkara. Terdiri dari calon anggota DPRD 250 perkara, calon anggota DPD 10 perkara, meliputi Dapil di 34 Provinsi, 16 Parpol dan 4 partai lokal peserta pemilu. Baru kemudian diperiksa MK sehingga baru turun suratnya tertanggal 16 Juli 2019 yang ditujukan kepada ketua KPU RI,” tukasnya.

Berita Terkait:  PPP Belum Bersikap, Kamaluddin Daftar di PDI Perjuangan

“Semoga secepatnya bisa kita terima dalam beberapa hari ke depan,” demikian Nurul menambahkan. (NM3)