Beranda POLITIK Sikapi Banjir Bandang di Empang, NR Langsung Koordinasi dan Salurkan Bantuan

Sikapi Banjir Bandang di Empang, NR Langsung Koordinasi dan Salurkan Bantuan

BERBAGI
Pimpinan Komisi IV sekaligus Fraksi PPP DPRD NTB : H Nurdin Ranggabarani SH MH (Caleg PPP Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa untuk DPR-RI. (Foto : Design Bobby Maramis)

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM – Pukul 20.00 Wita, Kamis (6/12) kemarin, hujan keras disertai petir mengguyur Kabupaten Sumbawa–NTB. Akibat derasnya hujan ini, air sungai Brang Pariah pun meluap dan menimbulkan banjir bandang di Kecamatan Empang.

Tak terelakkan, sejumlah rumah terendam banjir, bahkan beberapa diantaranya mengalami rusak berat dan rumah panggung di Desa Empang hanyut. Belum diketahui pasti, dalam kejadian ini apakah ada atau tidaknya korban jiwa.

Anggota DPRD NTB, H Nurdin Ranggabarani mengaku kaget dan tidak mengetahui bahwa ada terjadinya banjir yang melanda wilayah Kabupaten Sumbawa bagian timur ini. Sebab pada saat kejadian dirinya sedang berada diluar daerah (kunjungan kerja luar daerah).

Berita Terkait:  PKK dan IKAPTK NTB Gencarkan Gebrak Masker

Sontak saja, tanpa menunggu lama Wakil Rakyat di Udayana jebolan Dapil Sumbawa-KSB ini langsung berkoordinasi dengan Kepala BPBD NTB, H Mohammad Rum, Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril, Kepala BPDB Sumbawa, Zainal Abidin, Tagana Kabupaten Sumbawa, Dedy Susanto dan Pramuka Sumbawa, Rusdianto.

“Saya baru dapat infonya sekitar pukul 02.15 dinihari. Mendengar hal itu, saya langsung menghubungi berbagai pihak dan berkoordinasi dengan pihak terkait agar masyarakat yang terdampak segera mendapatkan bantuan dan penanganan serius pemerintah, khususnya Pemprov NTB,” kata Nurdin kepada media ini, Jum’at malam 7 Desember 2018.

Berita Terkait:  KPUD Sumbawa Didesak Tertibkan Klaim Form C1

“Alhamdulillah dari koordinasi-koordinasi tersebut, saya mendapatkan info yang cukup untuk dapat melakukan langkah-langkah penanganan selanjutnya,” tambah politisi vocal asal PPP ini.

Hasil koordinasi yang intens dilakukan Nurdin Ranggabarani dengan pihak terkait khususnya BPBD NTB sendiri, kini BPBD NTB telah menerjunkan Tim turun kelapangan dan memberikan sejumlah bantuan logistic, diantaranya berupa air mineral, mie instan, serta bantuan air bersih.

“Jadi memang kebetulan Pak Haji Rum juga sedang berada diluar daerah (Jakarta, tugas dinas), tapi walaupun demikian semua langsung direspon dengan cepat,” jelas pria yang akrab disapa Nurdin Raba ini.

Berita Terkait:  Kebijakan Pembatasan Fisik di Pasar Mandalika Disambut Baik

“Alhamdulillah, meski tak seberapa saya juga sudah menyalurkan bantuan secara pribadi melalui Tagana Kabupaten Sumbawa dan diterima langsung oleh Dedy Susanto,” demikian ia menambahkan tanpa menyebutkan nominal jumlah bantuan yang disalurkan bagi warga terdampak sembari mendoakan warga terdampak agar diberikan kekuatan serta ketabahan dalam menghadapi ujian ini. (NM1)