Beranda HEADLINE Sekda NTB Sebaiknya dari Mbojo

Sekda NTB Sebaiknya dari Mbojo

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi NTB asal Dapil VI Dompu – Bima, Siyrajuddin menyarankan agar jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) definitif idealnya dijabat oleh suku Mbojo.

Saran tersebut diungkapkan politisi asal partai persatuan pembangunan (PPP) itu bukan tanpa alasan. Melainkan NTB diketahui memiliki dua pulau besar (Lombok-Sumbawa) yang terangkum dalam sebuah kata ‘Sasambo atau Sasak Samawa Mbojo’.

Keterwakilan Sasambo di bumi gora adalah hal penting yang harus dijadikan perhatian oleh Gubernur saat ini. Sehingga kesan pembagian kekuasaan terjadi pemerataan.

Berita Terkait:  PDIP NTB : Rakerda Bukan Ranahnya untuk Memutuskan Pilkada

“Gubernurnya (H Zulkieflimansyah) kan sudah dari Samawa, Wakilnya (Wagub-Hj Sitti Rohmi Djalilah) juga dari Sasak, ya kita berharap Sekda sebaiknya dari Mbojo,” ujar Siyrajuddin, Kamis (19/9) di Mataram.

“Selain itu, kesan pelaksanaan pemerintahan juga menjadi baik, terciptanya pemerintahan yang bersih, berwibawa, terjaganya stabilitas, sinergitas dan lebih kondusif,” demikian ia menambahkan.

Untuk diketahui, seleksi terbuka atau lebih dikenal dengan istilah ‘lelang jabatan’ untuk posisi Sekda NTB sudah dibuka. Pendaftaran dimulai tanggal 17 September lalu dan ditutup pada 4 Oktober mendatang.

Berita Terkait:  Wapres "Salaman Corona" di Acara Munas ADEKSI

H Iswandi yang tak lain merupakan Penjabat Sekda NTB saat ini, sudah mendaftar lebih awal. Adapun beberapa pejabat lingkup pemprov lainnya yang mendaftarkan dirinya. Antara lainnya, Inspektur NTB H Ibnu Salim.

Kemudian, Asisten I Setda Provinsi NTB Hj Baiq Eva Nurcahyaningsih dan H Akhmad Helmi Hidayatullah adalah salah seorang dosen Universitas Muhammadiyah Mataram. (zen)