Beranda POLITIK Sejumlah TPS di 8 Kabupaten/Kota NTB Lakukan PSU

Sejumlah TPS di 8 Kabupaten/Kota NTB Lakukan PSU

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM — Delapan Kabupaten/Kota di Provinsi NTB akan melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU). Hal tersebut harus dilakukan lantaran adanya beberapa persoalan yang terjadi.

Adapun TPS yang melaksanakan PSU yaitu untuk di Kabupaten Lombok Utara berada di TPS, 1 dan 2 Desa Tanjung dan TPS 20 Dusun Cupak, Desa Sigar Penjalin. Kabupaten Bima di TPS 5 Kawinda TOI, Tambora, TPS 1 Desa Belo, TPS 5 Tente dan TPS 5 Maria, sedangkan di Kota Bima di TPS 29 Jatiwangi.

Kemudian untuk di Kabupaten Dompu, PSU dilakukan di TPS 14 Dusun Latonda, Pekat. Lombok Tengah di TPS 15 Dasan Balaye, Pengembur dan TPS 8 Aik Mual. Kota Mataram di TPS 5 Pagesangan Barat dan TPS 4 Taman Sari, Ampenan.  Lombok Timur di TPS 20 Rakam, Selong.

Berita Terkait:  Partai Berkarya Belum Tentukan Sikap

Selanjutnya di Kabupaten Sumbawa PSU ada di TPS yaitu TPS 6 Pada Suka, Lunyuk dan TPS 10 Jorok, Utan.

Sekretaris Komisi Pemilihan Umum NTB, Mars Ansori Wijaya kepada wartawan, Selasa (23/4) mengatakan, sejumlah TPS di delapan Kabupaten/Kota Provinsi NTB akan menggelar PSU.  Alasan dilakukannya PSU karena di beberapa TPS tersebut terjadi pemungutan suara yang dilakukan tidak sesuai mekanisme dan WNI tidak memiliki KTP/Suket serta tidak terdaftar dalam DPT/DPTb namun ikut mencoblos.

Berita Terkait:  Cek Logistik Pilkada, Kapolres Sumbawa Siagakan Anggota

Kemudian ada juga pelanggaran administrasi Pemilu, adanya yang memberikan tanda khusus pada surat suara, menggunakan hak pilih tidak sesuai alamat E-KTP, adanya surat suara yang sudah tercoblos, terdapat perorangan yang menggunakan hak pilih orang lain dan adanya pemilih yang menggunakan hak suaranya di dua TPS.

Untuk awal, PSU akan dilaksanakan di TPS 14 Dusun Latonda, Kecamatan Pekat, Dompu, TPS 5 Kawinda Toi, Tambora, Bima dan TPS 5 Desa Maria, Kecamatan Wawo, Bima, Rabu (24/4). Sedangkan TPS lainnya akan dilakukan Sabtu (27/4) sesuai dengan kesiapan logistik PSU.

“Kenapa tidak bersamaan, karena surat suara untuk untuk keperluan PSU itu hanya tersedia sebanyak 1.000 lembar per Dapil dan surat suara tersebut ada di KPU Provinsi. Sedangkan surat suara Pemilu anggota DPRD Kabupaten/Kota ada di masing-masing Kabupaten/Kota,” ujarnya.

Berita Terkait:  Bapaslon yang Diusung PKS-PKB Masih Belum Jelas

“Untuk Dompu dan Kabupaten Bima kita dahulukan dengan pertimbangan prioritas daerah terjauh dan mereka melaporkan PSU terbilang cepat,” tambahnya.

Diungkapkannya, logistik untuk PSU bagi wilayah lainnya akan dikirimkan oleh pabrik percetakan pada Rabu (24/4).

“Insya Allah akan dikirimkan besok dari pabrik. Insya Allah besok malam sudah kita terima di KPU Provinsi,” pungkasnya. (NM3)