Beranda POLITIK Satu Paslon Perseorangan Dipastikan Ada di Pilkada Sumbawa

Satu Paslon Perseorangan Dipastikan Ada di Pilkada Sumbawa

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa telah menyelesaikan tahapan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. Terhadap hal ini dilakukan rapat pleno rekapitulasi dukungan untuk pasangan calon perseorangan Pilkada Sumbawa 2020, pada Senin (20/7).

Rapat pleno yang digelar di Aula Hotel Sernu Raya ini dipimpin Ketua KPU Sumbawa, M. Wildan M.Pd didampingi Komisioner lainnya, Aryati S.Pd.I, M. Ali SIP, M. Kanity S.Pd, Nurul Khaerani S.IP, dan Sekretaris KPU, Lahmuddin SE. Serta disaksikan Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU NTB, H. Syamsudin, Anggota Komisioner Bawaslu Sumbawa, Kepala Badan Kesbangpoldagri Kabupaten Sumbawa, Kabag Ops Polres Sumbawa, pasangan Talif-Sudir, dan perwakilan tim pasangan Rasyidi—Sudirman.

Ketua KPU Kabupaten Sumbawa, M. Wildan M.Pd mengatakan, setelah sempat tertunda akibat Covid-19, tahapan Pilkada 2020 sudah kembali dilakukan. Yaitu dengan melakukan verifikasi faktual untuk paslon perseorangan, yang dilangsungkan selama 14 hari, dari 28 Juni hingga 11 Juli 2020. Kemudian sehari setelah verifikasi faktual berakhir dilanjutkan dengan rekapitulasi di tingkat Desa. Sementara untuk rekapitulasi di tingkat Kecamatan dilaksanakan serentak pada 16 Juli 2020.

Berita Terkait:  KPU Bakal Selektif Rekrut KPPS

“Alhamdulillah pada hari ini tanggal 20 kita melakukan rekap tingkat kabupaten. Di sini lah finalnya apakah calon itu memenui syarat. Yang memenhi syarat selesai permasalahan, sedangkan yang tidak ada tahapan perbaiakan,” ujarnya kepada wartawan usai memimpin rapat pleno.

Hasil rekapitulasi di tingkat Kabupaten ungkapnya, untuk sementara dari dua paslon perseorangan hanya satu yang mencapai syarat batas 28.105 minimal dukungan KTP. Yaitu paslon Ir. Talifuddin – Sudirman S.IP dengan 30.233 dukungan yang sudah memenuhi syarat dan tersebar di 24 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sumbawa.

Berita Terkait:  10 Balon Kada Sumbawa Sampaikan Visi Misi Lewat Nasdem

Sedangkan untuk paslon perseorangan Drs. H. Rasyidi – H. Sudirman Malik S.Pd mendapatkan 21.139 dukungan memenuhi syarat. Sehingga masih memiliki kekurangan sebanyak 6.966 dukungan. Untuk memenuhi persyaratan batas minimal dimaksud, paslon Rasyidi – Sudirman diberi kesempatan dalam tahapan perbaikan selama tiga hari, dari tanggal 25 hingga 27 Juli 2020.

Namun demikian, dalam tahapan perbaikan ini juga nantinya akan ada sanksi terhadap kekurangan, yaitu menyerahkan banyaknya dukungan KTP dua kali lipat dari kekurangan tersebut. Termasuk dengan proses yang diulang dari awal, seperti di upload ke SILON, memiliki pernyataan dukungan dari pendukung

Berita Terkait:  Ganggu Estetika, Sejumlah APK Bakal Ditertibkan

“Resmi jadi calon peserta (Talif – Sudirman) karena melampaui batas minimal, tinggal pendaftaran saja. H. Rasyidi masih ada kesempatan di tahapan perbaikan nantinya,” jelasnya.

Diterangkannya, karena Talifuddin – Sudirman telah memenuhi, bahkan melampaui batas syarat dukungan minimal yang ditetapkan. Maka KPU Sumbawa akan menyerahkan berita acara dalam hal mendaftarkan diri nantinya di Pilkada Sumbawa sebagai calon perseorangan.

“Untuk Ir. Talifuddin M.Si dan Sudirman S.IP yang memenuhi syarat 30.233 orang. Yang artinya di sini telah melampaui batas minimal yang ditetapkan. Yang artinya KPU akan menyerahkan berita acara dalam hal mendaftarkan diri sebagai calon perseorangan yang nanti akan dilakukan pada tanggal 4 sampai 6 september 2020,” pungkasnya. (red)