Beranda POLITIK Rosihan Dukung Sikap LPBJP Sumbawa

Rosihan Dukung Sikap LPBJP Sumbawa

BERBAGI
Sekretaris Fraksi Bintang Keadilan DPRD Kabupaten Sumbawa, Rosihan, SE (Dok Foto : NusraMedia)

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA – Sebelumnya Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LPBJP) Setda Sumbawa meminta kepada seluruh OPD di Sumbawa agar segera menyerahkan daftar paket proyek fisik 2019.

Sebagai upaya nyata LPBJP sendiri jauh sebelumnya telah bersurat kepada seluruh OPD agar hal tersebut segera disikapi. Ini dilakukan agar pengadaan melalui pelelangan segera direkapiltulasi.

Sejauh ini dari 32 OPD yang ada termasuk RSUD dan Sekretariat Korpri, baru 13 diantaranya yang sudah menyerahkan daftar paket.

Dimana daftar tersebut diharapkan segera dimasukan, agar bisa diketahu dengan jelas berapa jumlah daftar paket yang akan ditender, di swakelola maupun PL. termasuk mengetahui jumlah pagu yang akan dianggarkan dalam paket yang akan dilaksanakan tiap OPD.

“Dari 13 ini yang sudah masuk, untuk tender sekitar 33 paket. Ada juga beberapa yang swakelola,” kata Kabag LPBJP setempat, Pipin Shakti Bitongo sebelumnya.

Berita Terkait:  Pilgub 2024, Muzihir Bidik Posisi Cawagub

Berangkat dari hal itu, sikap atau kebijakan yang di lakukan oleh pihak LPBJP mendapat dukungan dari Sekretaris Fraksi Bintang Keadilan DPRD Kabupaten Sumbawa, Rosihan, SE.

Kendati demikian, ia menyarankan agar tender yang nilai anggarannya Rp 2,5 miliar kebawah dari sisi persyaratan jangan terlalu di persulit.

Hal ini dikatakan Rosihan yang juga Anggota Komisi III DPRD setempat itu, perusahaan lokal Sumbawa dapat pula mengikuti dengan terbuka proses tender tersebut.

“Saya sangat mendukung (Kebijakan LPBJP). Tapi saran saya, tender yang nilainya 2,5 miliar ke bawah persyaratannya jangan terlalu diberatkan,” ujarnya, Senin (25/2).

“Sehingga perusahaan lokal Sumbawa juga bisa ikut secara terbuka proses tendernya. Dan kearifan lokal benar-benar dapat terlaksana di daerah kita ini (Kabupaten Sumbawa),” imbuhnya memberi saran.

Berita Terkait:  TGH Achmad Muclis : Pemkot Harus Lebih Proaktif!

Instruksi yang dilakukan LPBJP Setda Sumbawa dinilai sangat tepat. Menurutnya, hal ini harus segera di sikapi dan di indahkan oleh pihak OPD, agar semua program infratruktur dapat berjalan baik.

Terlebih akan memberikan dampak positif, yakni terbukanya lapangan pekerjaan untuk masyarakat ketika tender sudah selesai dilaksanakan.

“Ini saya sampaikan, kebetulan juga akhir-akhir ini banyak keluhan dari teman-teman asosiasi jasa konstruksi Sumbawa. Mereka berharap perusahaan lokal juga mendapat kesempatan yang seluas-luasnya dalam daerahnya sendiri,” tutur pria asli kelahiran Maronge ini.

Diharapkannya, melalui hal tersebut dapat terjadinya pemerataan dalam sisi pekerjaan, terutama perusahaan lokal Sumbawa, agar tidak menjadi penonton di daerahnya sendiri.

“Intinya, kita menginginkan agar terjadinya pemerataan. Dan perusahaan lokal Sumbawa tidak menjadi penonton di daerahnya sendiri,” kata pria yang akrab disapa Han ini.

Berita Terkait:  Benarkah Pengiriman Pelajar ke Korea Sambil Magang?

“Karena dengan adanya kebijakan tersebut, dapat juga memberikan ruang kepada LPBJP Sumbawa untuk melakukan evaluasi terkait dokumen tender yang diajukan oleh 32 OPD di Sumbawa,” tambahnya lagi.

Lebih jauh dikatakan politisi muda asal PKS yang cukup dikenal vocal ini, sikap yang ditunjukkan oleh LPBJP sudah sangat baik dalam menginstruksikan seluruh OPD menyerahkan daftar paket proyek fisik 2019.

Dengan begitu LPBJP kata dia, dapat mengkaji lebih dalam isi dari pada dokumen-dokumen baik itu berupa RAB, Spesifikasi Teknis, Tenaga Teknis maupun yang berhubungan langsung dengan persayaratan tender. Sehingga semua sesuai dengan Perpres Nomor : 16 Tahun 2018.

“Kami juga berharap, apa yang sudah menjadi program Bapak Bupati Sumbawa, dapat segera terlaksana dengan baik sesuai dengan yang diharapkan dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Sumbawa,” demikian Rosihan. (NM1)