Beranda POLITIK Pilkada 2020, Multazzam : Nasdem Tolak Mahar Politik!

Pilkada 2020, Multazzam : Nasdem Tolak Mahar Politik!

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM – Partai Nasional Demokrasi (Nasdem) membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah di 7 kabupaten/kota yang bakal melaksanakan pilkada 2020.

Demikian hal itu diungkapkan Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem NTB, Multazzam, Selasa (8/10) di Mataram.

“Sudah dibuka (pendaftaran balon kada) sejak 23 September dan berakhir pada 23 Oktober 2019 yang akan datang,” ujarnya.

Dijelaskannya, pendaftaran sendiri dilakukan di masing-masing DPD yang akan melaksanakan Pilkada, yakni Kota Mataram, Lombok Utara, Lombok Tengah, Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu dan Kabupaten Bima.

Berita Terkait:  HUT NTB Ke-60, Johan Harap Semua Potensi di NTB Dikembangkan dan Bersinergi

“Dari laporan masing-masing DPD pasca pendaftaran bakal calon kepala daerah dibuka pada 23 September, sudah ramai bakal calon yang mendaftar,” ujarnya.

Ia mencontohkan, untuk Pilkada Sumbawa sudah ada 10 orang yang mendaftar, Lombok Utara juga demikian sudah banyak yang mendaftar, Lombok Tengah baru dua orang.

“Untuk kabupaten lain sampai saat ini kita belum menerima laporannya. Tapi pada intinya sudah banyak yang mendaftar ke Partai NasDem,” terang anggota DPRD NTB itu.

Berita Terkait:  Viral Terima Rp 500 Ribu, Papuk Irah : Semua Itu Bohong!

Multazam mengakui, dari tujuh kabupaten kota yang akan melaksanakan Pilkada, baru Kabupaten Dompu yang menerima pendaftaran dari kader partai. Sementara yang lain belum ada kader partai yang mendaftar.

“Kalau bicara kader, baru Kabupaten Dompu yang kita dengar ada pendaftar dari Partai NasDem. Yang lain belum ada informasi,” ucapnya.

Menurutnya, bagi bakal calon kepala daerah yang ingin mendaftar melalui Partai NasDem tidak akan dipungut biaya. Karena, NasDem sedari awal menegaskan tidak menggunakan mahar politik.

“Kami dari awal menolak mahar politik untuk mengusung bakal calon,” tegas Multazam.

Berita Terkait:  Eksekutif dan Legislatif Tanda Tangani KUA-PPAS TA 2019

Lebih lanjut, Ketua Fraksi Partai NasDem di DPRD NTB itu menambahkan, setelah pendaftaran dan penjaringan bakal calon di DPD masing-masing berakhir.

Maka tahapan selanjutnya DPD kabupaten/kota merekomendasikan nama-nama bakal calon kepala daerah yang telah dipilih melalui pleno ke tingkat DPW.

“Setelah diplenokan oleh DPD kabupaten/kota. Kemudian nama-nama itu di bawa ke DPW dan selanjutnya diteruskan ke DPP untuk ditetapkan siapa yang nantinya diusung NasDem,” tutupnya. (red)