Beranda POLITIK Oknum Caleg DPRD Sumbawa Dapil I Diduga Money Politik

Oknum Caleg DPRD Sumbawa Dapil I Diduga Money Politik

BERBAGI
Ketua Bawaslu Kabupaten Sumbawa, Syamsi Hidayat

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Bawaslu Kabupaten Sumbawa kembali menerima laporan dugaan tindak pidana pemilu (Tipilu) yaitu money politik oleh seorang oknum Caleg.

Dimana saat ini berkas laporan dalam pengecekan untuk mengetahui kelengkapan persyaratan formil maupun materialnya.

Menurut informasi, dugaan money politik tersebut dilakukan oknum Caleg dari partai NasDem yang membagikan uang sebesar Rp. 100 ribu kepada sejumlah warga di Kelurahan Uma Sima melalui tim suksesnya. Diduga, tim sukses itu meminta agar masyarakat memilih oknum caleg dari NasDem.

Berita Terkait:  Survey Terakhir MY Institute : Tetap Kokoh Dipuncak, Mo-Novi Unggul Jauh

Adanya dugaan pembagian uang ini, diketahui oleh masyarakat lain. Dari hasil penelusurannya, ditemukan sejumlah masyarakat yang diduga menerima uang dari tim sukses oknum itu.

Keterangan dari sejumlah masyarakat yang diduga menerima uang juga sudah diperoleh. Bahkan, barang bukti berupa uang yang dibagikan oleh tim sukses oknum caleg itu juga masih disimpan dan belum digunakan.

Adanya dugaan ini, kemudian dilaporkan ke Panwascam Sumbawa. Masyarakat dan Panwascam kemudian melakukan kroscek terkait dugaan itu.

Berita Terkait:  Pilih Mo-Novi, Mantan Ketua DPC Hanura : "Inilah Hati Nurani Saya"

Hasilnya, masyarakat penerima uang yang diduga diberikan oleh tim sukses oknum caleg itu berhasil diidentifikasi.

Barang bukti berupa uang sebesar Rp 1,4 juta yang diduga diberikan tim sukses oknum caleg itu juga berhasil diamankan. Kasusnya kemudian resmi dilaporkan ke Bawaslu Sumbawa.

Ketua Bawaslu Sumbawa, Syamsi Hidayat SIP yang dikonfirmasi wartawan mengakui adanya laporan tersebut.

Dikatakan, adapun dugaannya adalah pembagian uang yang dilakukan salah satu oknum caleg dari Dapil I Sumbawa.

“Kami perlu melakukan kajian terhadap laporan itu. Kami akan mengecek kembali berkas itu apakah memenuhi syarat formil ataupun  materielnya,” ujar Syamsi, Jum’at (12/4).

Berita Terkait:  APBD-P 2018 Sumbawa Bertambah Rp 99,3 Miliar

Apabila masih kurang, akan diminta untuk dilakukan pemenuhan terkait berkas laporan itu. Mengenai barang bukti berupa uang sebesar Rp 1,4 juta, itu merupakan indikasi. Karena itu, harus diketahui persoalan ini sejelas-jelasnya. (NM3)