Beranda POLITIK Mengenal Lebih Dekat Sosok Johan Rosihan Caleg DPR RI Dapil NTB I...

Mengenal Lebih Dekat Sosok Johan Rosihan Caleg DPR RI Dapil NTB I Pulau Sumbawa

BERBAGI
Calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Daerah Pemilihan (Dapil) NTB I Pulau Sumbawa, H Johan Rosihan, ST. (Foto : Istimewa)

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA – Nama H Johan Rosihan, ST di Nusa Tenggara Barat (NTB) mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita semua.

Bahkan dijajaran petinggi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sekalipun, terlebih NTB, khususnya di Pulau Sumbawa sendiri.

Pada Pemilu 2019 ini, dia diamanahkan oleh partainya maju sebagai Calon Anggota DPR RI untuk keterwakilan rakyat di Daerah Pemilihan (Dapil) NTB I Pulau Sumbawa.

Untuk di Dapil NTB I Pulau Sumbawa sendiri ada lima daerah meliputi Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Bima.

Meski demikian, tidak ada salahnya kita mengenali sosok Johan Rosihan Caleg DPR RI Nomor Urut Satu (1) asal PKS Dapil NTB I Pulau Sumbawa ini.

Johan Rosihan lahir di Sumbawa pada tanggal 29-10-1972 asal Kecamatan Empang, Kabupaten Sumbawa.

Istrinya bernama Hj Wahidah, SE dan memiliki lima orang anak. Anak pertamanya bernama Abdurobbil ‘alamien yang kini masih duduk dibangku sekolah Kelas 2 SMA Ponpes Darul Qur’an Mulia Bogor.

Kedua, Ar Ruhaniyatul Aliyah Kelas 1 SMA Ponpes Tahfidzul Qur’an Ibnu Abbas Klaten. Ketiga, Zakiyatun Nufus duduk di Kelas 2 SMP Ponpes Darul Qur’an Mulia Bogor.

Sedangkan dua lainnya masih mengeyam pendidikan di tingkat sekolah dasar dalam lingkup Kota Mataram.

Mereka adalah Dzirwatul Muhlishoh kini duduk dibangku Kelas 6 SDIT Anak Sholeh 1 Mataram dan Rifda Syakira – Kelas 4 SDIT Anak Sholeh 1 Mataram.

Adapun rekam jejak pendidikan politisi muda asal PKS yang dikenal cukup vocal ini semasa sekolahnya, yaitu alumni SDN Lape 2 (1985), SMPN 1 Empang (1988),

SMAN 1 Sumbawa Besar (1991), hingga Fakuktas Teknik Jurusan Teknik Sipil Universitas Mataram (UNRAM).

Berita Terkait:  APBD NTB 2018 Dinilai Abaikan Korban Gempa

Sedangkan disistem keorganisasian, pria yang dikenal santun dan sangat bersahabat dengan semua kalangan itu tercatat menjadi Wakil Ketua Umum DPP Gema Keadilan.

Tak hanya itu, Johan Rosihan juga merupakan Presidium Nasional Keluarga Alumni KAMMI, Ketua Gema Keadilan NTB (2009-2014), Ketua Umum KAMMI Daerah NTB (2000-2001), BPM Fakuktas Teknik UNRAM (1993-1995) dan UKK As-Siraj Fakuktas Teknik Unram (1997).

Sementara dari sisi kepartaian dia juga pernah tercatat sebagai Ketua Bidang Kaderisasi Partai Keadilan  DPD Lombok Barat (1999), Anggota PPD I Pada Pemilu 1999 dari Partai Keadilan, Ketua Bidang Kebijakan Publik DPW PKS NTB (2000-2009) dan Ketua Komisi Kebijakan Publik MPW PKS NTB sejak Tahun 2014 hingga saat ini.

Lebih lagi, dari sisi kedewanan (DPRD), Johan Rosihan cukup matang memiliki posisi yang sangat duperhitungkan.

Bahkan dia telah mencatat tiga (3) periode menjadi wakil rakyat di Udayana (DPRD NTB) terhitung mulai dari 2004 hingga sekarang.

Kemudian, pria yang akrab disapa Haji Johan itu pernah menjabat sebagai Sekretaris Komisi D DPRD NTB (2007-2009), Wakil Ketua Komisi II DPRD NTB (2009-2014), Ketua Komisi III DPRD NTB (2014-20019), Sekretaris Fraksi PKS DPRD NTB (2009-2014) dan sebagai Ketua Fraksi PKS DPRD NTB hingga saat ini.

Tentunya dari gambaran tersebut, ayah dari lima orang anak ini sangat disenangi oleh masyarakat dan sangat diperhitungkan.

Terlebih memiliki segudang pengalaman dan prestasi yang patut diacungi jempol terutama dalam sisi politik maupun urusan kedewanan.

*15 MENIT BERSAMA JOHAN ROSIHAN*

Agenda Johan Rosihan cukup terbilang padat. Pasalnya, sebagai wakil rakyat di DPRD NTB dari Dapil V Sumbawa – KSB, tak jarang ia disibukkan dengan berbagai tugas dalam daerah hingga keluar daerah.

Berita Terkait:  “Batik Ijo” Dorong Penguatan Branding Wisata Halal

Kendati demikian, hal itu nampaknya tak jadi suatu alasan menghentikan langkahnya untuk terus menyambangi sekaligus bersilahturahmi dengan masyarakat yang ada di Pulau Sumbawa.

Tak tanggung, cuaca yang terkadang dibilang tidak bersahabatpun ditrobos olehnya untuk dapat bersilahturahmi sekaligus menyerap aspirasi, keluh kesah masyarakat hingga akar rumput diseluruh plosok Pulau Sumbawa.

Ditemui disela kesibukkannya yang begitu padat, Johan Rosihan mengaku senang dapat bertatap muka dan bersilahturahmi secara langsung dengan masyarakat di Pulau Sumbawa.

Tak ditampiknya, terkadang kelelahan tak bisa dihindari. Namun ia mengaku, hal itu seakan terbayarkan begitu saja ketika dirinya bertemu, bertatap muka, tegur sapa, sembari bercanda hangat penuh kekeluargaan dengan masyarakat di Pulau Sumbawa.

“Kalau masalah lelah, sudah pasti. Tapi jujur, kelelahan saya hilang begitu saja ketika saya sudah bersama mereka (Masyrakat),” ujarnya, Ahad (31/3) di Sumbawa Besar.

Ia juga mengaku, banyak hal yang terserap (aspirasi) selama mengunjungi masyarakat di Pulau Sumbawa. Mulai dari persoalan air bersih, urusan petani/nelayan, perbaikan infrastruktur jalan dan masih banyak lagi lainnya masuk menjadi catatan pentingnya.

“Banyak (aspirasi terserap), Insya Allah, sudah tercatat. Karena memang suara mereka harus disuarakan. Karena memang semua butuh keberimbangan,” tegasnya.

*JIKA TERPILIH PEMILU 2019, JOHAN PILIH KOMISI IV*

Politisi senior PKS itu juga menuturkan, ketika esok ia selamat terpilih pada Pemilu 2019, ia mengaku lebih memilih Komisi IV DPR RI.

“Insya Allah, jika saya terpilih pada pemilu nanti, saya akan minta sama Ketua Umum PKS untuk duduk di Komisi IV DPR RI,” ungkapnya.

Berita Terkait:  Jarot-Mokhlis Ingin Anak Muda Bangun Sumbawa

Hal yang diungkapkan Johan itu bukan tanpa alasan, lantaran begitu kental dengan persoalan petani di Pulau Sumbawa, sehingga apa yang menjadi kebutuhan para petani dapat di akomodir.

“Kalau besok bisa duduk di Komisi IV, Insya Allah petani kita akan sejahtera, karena paling tidak apa yang menjadi kebutuhan mereka bisa terakomodir,” kata Johan.

*DUKUNGAN TERUS MENGALIR, JOHAN JUGA DI SERBU EMAK-EMAK*

Dukungan masyarakat di Pulau Sumbawa bagi JR nampaknya terus mengalir dan menguat. Sudah banyak pihak dari berbagai kalangan sudah menyuarakan dukungan terhadapnya.

Mulai dari kalangan milenial, tokoh masyarakat, tokoh agama, relawan bahkan tim lainnya terus bergerak massif.

Lebih – lebih dukungan langsung dari para emak – emak yang ada di lima daerah lingkup Pulau Sumbawa, NTB.

Kendati demikian, Johan mengaku tidak ingin berpuas diri dan berpangku tangan. Justru hal itu kata dia, akan dijadikan vitamin alias semangat untuk terus terdorong untuk istiqomah dalam bergerak.

“Secara pribadi saya juga blusukan menemui emak-emak di sini (Pulau Sumbawa). Alhamdulillah, mereka sangat mendukung dan sayapun selalu disambut hangat. Untuk itu, kepada masyarakat di Pulau Sumbawa saya mengucapkan terimakasih, semoga apa yang diperjuangkan ini dapat kita menangkan bersama,” ucap caleg PKS nomor urut satu itu.

*TIGA KOMITMEN JOHAN ROSIHAN*

Dipenghujung, Johan juga sempat menuturkan tiga komitmen kuat yang menjadi fokusnya untuk Pulau Sumbawa.

  1. Berjuang Meningkatkan Eksistensi Pulau Sumbawa di Pentas Nasional.
  2. Memperjuangkan Keadilan Anggaran untuk Kesejahteraan Masyarakat di Pulau Sumbawa.
  3. Memastikan Dukungan Pusat Terhadap Kebutuhan Petani, Peternak, dan Nelayan bahkan lainnya di Seluruh Pulau Sumbawa. (*)