Beranda POLITIK Kunjungi Sumbawa, Bawaslu NTB Ajak Masyarakat Awasi Pemilu

Kunjungi Sumbawa, Bawaslu NTB Ajak Masyarakat Awasi Pemilu

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) NTB mengunjungi Sejumlah Kelurahan dan Desa di Kabupaten Sumbawa, Sabtu (9/3).

Kedatangan mereka untuk mengajak masyarakat ikut serta mengawasi penyelenggaraan Pemilu serentak 2019.

Peran aktif masyarakat sangat diharapkan untuk mewujudkan Pemilu yang bermartabat dan berkualitas

Katua Bawslu NTB, Muhammad Khuwailid, S.Ag, MH., kepada wartawan mengatakan, pihaknya melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif hingga tingkat Desa dan Kelurahan.

Karena menurut mereka Desa maupun Kelurahan merupakan basis kongkrit yang sering terjadinya suatu pelanggaran pemilu

Berita Terkait:  Bawaslu Tekankan Selisih Data DP4 Segera Diverifikasi

“Hari ini kita laksanakan kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif, kami mengambil langsung kepada basis terendah yaitu desa. Kenapa desa, karena sesungguhnya territorial yang paling kongkrit itu ada di Desa, seluruh interaksi adalah basisi Desa. Maka kami melakukan sosialisasi dengan langsung ke Desa. Di NTB ini kita mengambil 50 desa berdasarkan indek kerawanannya,” ujarnya didampingi Komisioner Bawaslu Sumbawa usai melakukan sosialisasi di Aula Kelurahan Brang Biji, Sabtu (9/3).

Diterangkannya, sosialisasi menjadi penting dilakukan kerana Bawsalu ingin menyampaikan suatu bentuk pencegahan pelanggaran melalui sosialisasi maupun pendidikan politik, hingga ke tingkat Desa dan kelurahan.

Berita Terkait:  Debat Publik Putaran Kedua Pilkada Sumbawa 25 November

Adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat ikut berperan dalam melakukan pengawasan pemilu, sehingga meminimalasir terjadinya pelanggaran pemilu.

“Kita berharap 50 desa yang kita sosialisasikan bisa di sampaikan minimal kepada keluarganya. Mudah-mudahan bisa lebih luas. Sehingga dapat mencegah adanya pelanggaran pemilu,” pungkasnya. (NM3)