Beranda POLITIK KPU Usulkan Nama-Nama Caleg Terpilih Dilantik

KPU Usulkan Nama-Nama Caleg Terpilih Dilantik

BERBAGI
Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kabupaten Sumbawa, Muhammad Kaniti. (Foto Desain : Bobby Maramis)

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Setelah menetapkan para calon anggota DPRD Kabupaten Sumbawa terpilih pada Pemilu tahun 2019, pada 22 Juli lalu, kini KPU Kabupaten Sumbawa mengusulkan nama-nama calon legislative untuk dilantik kepada Gubernur Propinsi NTB melalui Bupati Sumbawa.

“Saat ini KPU Kabupaten Sumbawa sedang menyiapkan dokumen kelengkapan  bahan usulan peresmian/pengangkatan dan pengambilan sumpah/janji/pelantikan anggota DPRD Kabupaten Sumbawa, baik itu yang diperlukan oleh Pemda Kabupaten Sumbawa maupun DPRD Kabupaten Sumbawa. Hal ini dilakukan guna memperlancar proses dan memastikan prosesnya tepat waktu,” ungkap Komisioner KPU Sumbawa, Muhammad Kaniti, Jum’at (2/8).

Berita Terkait:  KPU NTB Lakukan Monev di Lobar dan Mataram 

Diterangkannya, Bupati Sumbawa nantinya akan meneruskan usulan tersebut kepada Gubernur dalam hal penerbitan peresmian pengangkatan dan pengambilan sumpah janji anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Mekanisme tersebut diatur di dalam surat edaran Mendagri RI yang ditandatangani Dirjen Otonomi Daerah, nomor 162/3450/OTDA tanggal 28 Juni 2019, tentang tata cara pengucapan sumpah janji anggota DPRD Kabupaten/Kota masa jabatan 2019-2024.

Sebelumnya pada 21 Juni 2019, telah terbit surat Mendagri yang juga ditujukan kepada Bupati Kabupaten/Kota. Surat bernomor 161/3323/OTDA tersebut mengatur tentang mekanisme tata cara pengucapan sumpah janji anggota DPRD Kabupaten/Kota masa jabatan tahun 2019-2024.

Berita Terkait:  PKS Dukung Program Zul-Rohmi

“Calon Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa terpilih, periode 2019-2024 terdiri dari 45 orang. Dengan alokasi kursi tersebar di 5 daerah pemilihan (Dapil),” tukasnya. (NM3)