Beranda POLITIK KPU Sumbawa Terima Dua Jenis Surat Suara

KPU Sumbawa Terima Dua Jenis Surat Suara

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Dua jenis surat suara yakni untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Dewan Pemilihan Daerah (DPD) RI sudah sampai di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa, pada Rabu (6/3) sekitar Pukul 21.00 malam.

Namun pembokaran baru dilaksanakan keesokan harinya atau Kamis (7/3) pagi, mengikuti SOP dari pihak kepolisian. Yakni pembokaran harus dilakukan menggunakan sistem jam kerja.

Dalam hal ini Polres Sumbawa dan Brimob Polda NTB mengamankan penerimaan dan pembokaran serta diawasi Bawaslu Sumbawa.

Berita Terkait:  PKS Dorong Figur Perempuan Maju Pilkada Kota Mataram

Ketua KPU Kabupaten Sumbawa, Muhammad Wildan M.Pd mengatakan, pihaknya sudah menerima surat suara dari perusahaan percetakan, CV Champion Sidoarjo, Jawa Timur. Ada dua jenis surat suara yang diterima yakni Pilpres sebanyak 169 dos dan DPD RI 677 dos.

“Tapi saat ini surat suara hanya dua jenis untuk Pilpres dan DPD. Totalnya ada 846 dos,” ujarnya yang didampingi para anggota Komisioner KPU Sumbawa.

Diungkapkannya, surat suara diletakkan di Islamic Center Sumbawa yang juga dijadikan sebagai salah satu Gudang KPU Sumbawa. Sementara untuk surat suara yang belum ada yakni DPRD Kabupaten, Provinsi dan Pusat, pihaknya masih belum mendapatkan kepastian jadwal pengiriman.

Berita Terkait:  Rekapitulasi Tingkat Kecamatan oleh KPU Mulai 10-14 Desember

“Untuk masalah kedatangan sisanya belum ada kepastian. Cuman untuk percetakan DPRD Kabupaten kami memiliki kewenangan, dalam hal ini kita untuk bisa mengunjungi langsung ke lapangan ke Surabaya tempat percetakan bersama dengan yang lainnya,” ungkapnya.

Ditambahkan, pihaknya juga akan melakukan rapat bersama anggota Komisioner dan Sekretariat KPU membahas proses yang akan dilakukan selanjutnya.

Yakni mengenai surat suara yang sudah terlebih dahulu tiba, apakah langsung memasuki proses pelipatan atau masih menunggu yang lainnya.

Berita Terkait:  Bertarung di Mataram, Selly Mundur dari ASN

“Mungkin habis ini kami akan rapat dulu bersama komisioner dan sekretariat langkah-langkah apa yang harus kita lakukan. Tapi lebih baik lebih cepat harapan kita,” jelasnya.

“Penyimpanannya di sini kita fokuskan di sentralkan di islamic center ini. Jadi semua pelipatan, persortiran kita laksanakan di sini dengan pengawasan dan pengawalan dari kepolisian dan lain-lainnya,” tambahnya. (NM3)