Beranda POLITIK KPU Sumbawa Pastikan Profesional dalam Verifikasi Administrasi Dukungan Calon Perseorangan

KPU Sumbawa Pastikan Profesional dalam Verifikasi Administrasi Dukungan Calon Perseorangan

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Proses verifikasi administrasi mulai dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbawa, terhadap berkas syarat dukungan jalur perseorangan dua pasangan calon yaitu Drs. H. Rasyidi – H. Sudirman Malik S.Pd dan Ir Talifuddin – Sudirman SIP.

Dalam verifikasi administrasi yang dilangsungkan selama 28 hari ke depan atau sampai 25 Maret mendatang ini, KPU Sumbawa memastikan akan menjunjung tinggi sikap profesionalisme.

Plh. Ketua KPU Kabupaten Sumbawa, Muhammad Kaniti mengatakan, verifikasi administrasi dilakukan setelah KPU Provinsi atau Kabupaten/Kota memberikan berita acara hasil pengecekan jumlah dukungan dan sebaran, dan hanya dapat dilakukan terhadap bakal pasangan calon perseorangan yang dinyatakan diterima. KPU Sumbawa sudah membentuk lima tim dalam melakukan verifikasi administrasi ini. Setiap tim terdiri dari lima orang. Satu orang koordinator verifikator yang langsung dibawahi oleh para komisioner. Kemudian 4 orang ada Kasubbag, sekretaris dan staf.

Berita Terkait:  PKS Prioritaskan Kader di Pilkada 2020

“Setelah verifikasi administrasi selesai, akan muncul apakah akan ada potensi kegandaan, baik ganda internal maupun eksternal. Ada juga misalnya akan ditemukan kemungkinan NIK kurang atau salah ketik, nanti akan kita tandai. Untuk dilakukan verifikasi faktual oleh PPS,” ujarnya.

Ditegaskannya, dalam verifikasi administrasi, KPU Sumbawa sangat menjunjung tinggi profesionalitas, integritas dan kemandirian. Jika ada berkas yang kurang atau  tidak sesuai dengan ketentuan yang di atur dalam keputusan KPU RI Nomor 82 tahun 2020, maka pihaknya tidak akan memasukkan berkas atau dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Berita Terkait:  Ketua DPW PKS NTB : "Bijaklah Sikapi Dinamika Politik yang Ada"

Demikian pula ditambahkan Koordinator Divisi Penyelenggara KPU Kabupaten Sumbawa, Aryati S.Pd.I. Dimana pihaknya akan mengutamakan sikap professional, jujur dan adil dalam verifikasi administrasi berkas syarat dukungan jalur perseorangan bagi kedua pasangan calon dimaksud.

“Dalam melaksanakan verifikasi administrasi ini, KPU Kabupaten Sumbawa berpegang pada prinsip penyelenggaraan pemilihan yang profesional, jujur dan adil. Profesional dalam pengertian akan melaksanakan tahapan verifikasi ini sesuai dengan UU dan Peraturan  KPU No. 3 tahun 2017 tentang pencalonan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, dan atau walikota dan wakil walikota, terakhir dirubah dengan PKPU 18 tahun 2019,” jelas Aryati.

Berita Terkait:  Terkesan Lamban, Pemda Diminta Segera Sikapi Persoalan Banjir di Empang

Diungkapkannya, adapun dukungan bakal paslon perseorangan, dinyatakan memenuhi syarat administrasi apabila berkas yang diserahkan sesuai NIK, nama, Jenis Kelamin, tempat dan tanggal lahir dan alamat pendukung pada formulir B.I KWK perseorangan dengan foto copy KTP elektronik atau surat keterangan, pendukung terdaftar atau ada dalam DPT pemilu terakhir (2019) dan atau DP4, alamat pendukung sesuai dengan daerah pemilihan, alamat pendukung sesuai dengan wilayah administrasi PPS dan usia pendukung 17 tahun dan atau sudah menikah. Kemudian ada juga verifikasi status pekerjaan pendukung dan verifikasi dukungan ganda terhadap bakal paslon perseorangan. (red)