Beranda POLITIK KPU Sumbawa Mutakhirkan Data Pemilih Berkelanjutan

KPU Sumbawa Mutakhirkan Data Pemilih Berkelanjutan

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa tengah melakukan pemutakhiran data pemilih secara berkelanjutan. Ini guna menindaklanjuti adanya surat dari KPU RI kepada KPU provinsi dan Kabupaten/Kota pada 25 Juni lalu.

Demikian diungkapkan Komisioner KPU Kabupaten Sumbawa, Muhammad Kanity kepada wartawan, Senin (22/7). Dikatakan, data pemilih berkelanjutan yang dimuktahirkan ini berasal dari DPT pemilu  terakhir dan DPK yang terdata dalam pemilu lalu.

“Hal tersebut kami lakukan berdasarkan surat KPU RI Nomor 942 tanggal 25 Juni 2019. Yang mana diperintahkan kepada KPU provinsi dan Kabupaten/Kota untuk melakukan pemutakhiran data secara berkelanjutan,” ujarnya.

Berita Terkait:  Gerindra-PDIP Sepakat Serahkan ke DPP

Diterangkannya, data DPT  yang ada sebanyak 330.637 dan DPK sekitar 17.000. Saat ini pihaknya sudah menginput DPK sekitar 2.000 atau sekitar 20 persen. Sisanya masih akan terus diinput sambil berkoordinasi dengan Bawaslu. Karena Bawaslu juga memiliki peran yang sama. Namun lebih kepada fungsi pengawasan memastikan pekerjaan KPU khususnya dalam pemutakhiran sudah dilaksanakan.

“Tujuannya salah satunya dalam rangka Pilkada. Nanti di Pilkada kan tahapan penyerahan DP4 dari pemerintah daerah kepada KPU. KPU nanti akan melakukan pemutakhiran dan verifikasi data lagi dari tingkat bawah. Jadi terus ini pemutakhiran data. Karena belum tentu yang ada di DPT kemarin ini masih ada. Jangan-jangan sudah meninggal dunia, beralih status atau sudah pindah dan sebagainya,” tukasnya. (NM3)

Berita Terkait:  PDIP Klaim Kantongi SK B.1-KWK PAN, Ketua DPW PAN NTB Bungkam