Beranda POLITIK Jika Terpilih, Ini Fokus Lukmanul Hakim

Jika Terpilih, Ini Fokus Lukmanul Hakim

BERBAGI
Caleg DPRD Kabupaten Sumbawa asal PAN nomor urut 1 dari Daerah Pemilihan IV (Alas Barat, Alas, Buer, Utan, Rhee), Lukmanul Hakim, SAP 

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Banyak potensi sumber daya alam yang belum optimal dikelola secara maksimal di kabupaten Sumbawa terutama diwilayah Alas Barat, Alas, Buer, Utan dan Rhee.

Daya dukung anggaran dan regulasi masih menjadi kendala bagi masyarakat untuk ikut aktif mengelola SDA tersebut. Diperlukan wakil masyarakat di DPRD yang faham akan kondisi wilayah dan pemetaan potensi Sumber daya alam dalam bentuk komitmen anggaran dan regulasi yang jelas.

Lukmanul Hakim, S.AP Sekretaris DPD PAN Kabupaten Sumbawa yang juga caleg PAN nomor urut 1 dari daerah Pemilihan IV (Alas Barat, Alas, Buer, Utan, Rhee)  kepada wartawan menyatakan, diperlukan regulasi dan sistem penganggaran yang jelas untuk mendukung kesejahteraan petani diwilayah dapil IV.

Dipemerintahan sebelumnya, telah dibuat konsep kawasan agro Alas-Utan, Agro Ai Jati, namun sampai saat ini belum menampakkan hasil optimal. Begitu juga dengan potensi wisata yang ada di wilayah dapil IV masih banyak yang belum di kelola secara maksimal sebagai upaya mendongkrak ekonomi masyarakat.

Di rhee misalnya, dengan sumber daya air yang optimal perlu opsi pengelolaan kawasan pertanian yang bervariatif tidak terfokus pada padi dan jagung saja tetapi perlu dipikirkan opsi varietas lainnya.

Berita Terkait:  Johan Rosihan : Anggaran Pertanian Mestinya Diorientasikan untuk Kesejahteraan Petani

‘’Untuk Rhee sudah lumayan bagus kondisi pertanian namun perlu opsi tanaman lain. Sehingga berkesinambungan. Untuk kuliner jagung tinggal proses penataan lokasi yang butuh anggaran dari pemda Sumbawa,’’terang Caleg yang berasal dari kalangan wartawan ini.

Lanjut dikatakan Lukman Pria asli Mapin Kebak ini, untuk wilayah kecamatan Utan industri sudah berkembang cukup bagus, begitu juga dengan kondisi pertanian yang telah mendapatkan dukungan penuh dari pempus dan pemda Sumbawa dengan dibangunnya bendungan Beringin Sila.

Hanya saja, UKM diwilayah ini belum bisa berkembang pesat dikarenakan pasar induk yang belum beroperasi. ‘’kami minta Bupati segera merampungkan Pasar Induk Utan, untuk keberlangsungan UKM dan pedagang Tradisional,’’ujarnya dengan menambahkan, untuk kecamatan Buer masih banyak ditemukan infrastruktur jalan, jembatan, yang dalam kondisi rusak berat terutama pasca gempa.

Begitu juga dengan jaringan irigasi pertanian yang masih menggunakan pola tradisonal. ‘’Perlu perimbangan anggaran antara kecamatan Buer dengan kecamatan lainnya diwilayah dapil V,’’terang Lukman akrabnya

Berita Terkait:  Pileg 2019 Momen Kebangkitan Pemilih Muda

Masih kata politisi PAN ini, untuk kecamatan Alas, pemda Sumbawa diminta memikirkan opsi pemisahan antara pasar Alas dengan Puskesmas Alas mengingat pada titik tersebut rawan kemacetan sehingga Alas sebagai kecamatan dengan penduduk yang besar terlihat kumuh.

Begitu juga dengan penanganan penduduk miskin yang masih banyak dijumpai pemukiman bantaran kali yang belum terdata dan tersentuh oleh program bantuan pemerintah.

‘’Selain fokus infrastruktur pemda juga harus serius menganggarkan bantuan bagi masyarakat miskin. Datanya harus jelas dari struktur terbawah,’’ujar Caleg nomor satu PAN ini.

Ia menambahkan, Potensi wisata Agal wilayah desa Marenteh harus sudah bisa ditangani oleh pemda Sumbawa menjadi tujuan wisata produktif. Karena tidak mungkin jika dikelola dengan menggunakan dana desa yang masih sangat minin untuk promosi wisata Agal.

Terakhir terang Lukman, butuh keseriusan pemda dalam menganggarkan infrastruktur jalan  diwilayah kecamatan Alas Barat, ruas jalan SJN Labuhan Mapin- Mapin kebak sepanjang 5 Km kondisinya rusak berat, begitu juga dengan keberadaan embung maupun bendungan.

Berita Terkait:  Pembentukan 10 Desa Upaya Percepat Kesejahteraan Masyarakat 

Untuk embung Brang Ruris Bawah dan Empung Brang Ruris Atas sudah tidak bisa digunakan lagi untuk mengairi lahan pertanian  petani akibat terbawah banjir beberapa waktu lalu.

Begitu juga dengan Potensi Agro Ai Jati sebagai salah satu penghasil jagung dan mangga seakan dilupakan Pemda sumbawa, jalan menuju Dusun Ai Jati serta sulitnya sumber air bersih masih membelit persoalan rakyat di dusun tersebut.

‘’Jika ada amanat dari rakyat untuk duduk dan terpilih sebagai anggota DPRD inshaAllah, Fokus anggaran  dan regulasi untuk membangun apa yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat,’’Ujar Lukman dengan menyudahi pembicaraan.

Sejatinya menurut Lukman rakyat tidak perlu diiming-imingi dengan program aspirasi, karena tidak akan cukup untuk menjawab persoalan yang ada ditengah masyarakat, tetapi bagaimana membangun komitmen agar ada perimbangan anggaran antar kecamatan satu dengan lainnya, antara desa satu dengan lainnya yang menjadi ujung tombak perjuangan dari anggota DPRD terpilih. Dan PAN siap memperjuangkan hal itu dilebaga DPRD nantinya. (NM)