Beranda POLITIK Ini Tanggapan 10 Fraksi DPRD NTB terhadap Pendapat Gubernur NTB

Ini Tanggapan 10 Fraksi DPRD NTB terhadap Pendapat Gubernur NTB

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM – Senin 14 Januari 2019, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat (DPRD NTB) menggelar Rapat Paripurna.

Adapun fokus agenda kali ini, yaitu penyampaian tanggapan fraksi-fraksi terhadap pendapat Gubernur NTB atas 4 buah Raperda Prakarsa DPRD NTB.

  1. Raperda tentang Fasilitas Keselamatan Transportasi
  2. Raperda tentang Perizinan Usaha Kelautan dan Perikanan
  3. Raperda tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas
  4. Raperda tentang Kepemudaan

Dari sepuluh (10) fraksi di DPRD NTB, hanya dua fraksi yang membacakan tanggapannya, yaitu Fraksi Partai Golongan Karya (F-Golkar) dan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP).

Berita Terkait:  RAPBD NTB 2020 Direncanakan Rp 5,72 Triliun

Sedangkan delapan (8) fraksi lainnya, meliputi F-Demokrat, F-Gerindra, F-PKS, F-Hanura, F-PDIP, F-PKB, F-PAN dan F-Bintang Restorasi memilih menyerahkan tanggapannya kepada pimpinan rapat dalam bentuk tertulis.

Sebagaimana disampaikan oleh H Lalu Darma Setiawan selaku Juru Bicara F-Golkar, pada prinsipnya apa yang disampaikan Gubernur NTB berupa usul, saran, pendapat dan beberapa permohonan penjelasan terkait dengan raperda-raperda tersebut dapat diterima.

Setelah dilakukan tahap pengkajian dan mencermati pendapat Gubernur terhadap sejumlah Raperda tersebut, F-Golkar menyatakan setuju, yang mana pembahasan sejumlah raperda dapat dibahas pada tingkat selanjutnya.

Tak jauh berbeda bahkan hampir senada, sementara itu Juru Bicara F-PPP yakni H. Muzihir bahwa ke empat Raperda tersebut hampir mendekati sempurna dalam mengatur hak dan kewajiban masyarakat.

Berita Terkait:  Bupati Husni Ikut Penjaringan Nasdem

Oleh karenanya lanjut Muzihir, sosialisasi ke empat Rapeda harus benar-benar dapat dilaksanakan, sehingga masyarakat bisa memahami hak dan kewajibannya sesuai dengan harapan dari sejumlah Raperda tersebut.

“Sekalipun keempat Raperda tersebut merupakan inisiatif DPRD, Fraksi PPP berharap Gubernur sungguh-sungguh melaksanakan Raperda ini. Karena hal ini menyangkut salah satu parameter harmonisasi antara kedua lembaga yang tentu saja harus memberikan nilai tambah terhadap keberadaan Raperda ini,” kata H. Muzihir.

Untuk diketahui, bahwa pada umumnya 10 Fraksi di DPRD NTB menyambut baik atas pandangan Gubernur terhadap 4 (empat) buah Raperda tersebut dan menyetujui untuk dibahas ketahap selanjutnya.

Berita Terkait:  Ini Ketua dan Wakil Ketua Sementara di Udayana

Untuk diketahui, pada rapat paripurna ke III ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD NTB, H Abdul Hadi didampingi Ketua DPRD NTB, Hj Baiq Isvie Rupaeda. Turut pula hadir, Forkopimda NTB dan para tamu udangan lainnya.

Sedangkan kehadiran Gubernur NTB diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi NTB yang belum lama ini dilantik, yaitu Dra. Hj. Baiq Eva Nurcahyaningsih. (NM1)