Beranda POLITIK Hari Ini, KPU Mulai Rekap C1

Hari Ini, KPU Mulai Rekap C1

BERBAGI
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa, Muhammad Wildan.

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Banyaknya jenis surat suara yang dihitung di TPS ternyata baru bisa dituntaskan selama dua hari atau berakhir pada 18 April.

Keadaan tersebut membuat rekapitulasi C1 atau dokumen hasil perhitungan di tingkat kecamatan dilaksanakan pada hari ini tanggal 20 April.

Ketua KPU Sumbawa, M. Wildan M.Pd kepada wartawan mengatakan, karena proses perhitungan di TPS baru tuntas selama dua hari, maka rekapitulasi C1 tingkat Kecamatan baru dilakukan 20 April. Direncanakan rekapitulasi tersebut berlangsung hingga 24 April mendatang.

Berita Terkait:  Bidik Novy, PAN Usung BJS Sebagai Bakal Cawabup

“Teman-teman perlu menyiapkan semua, baik itu ruangannya, surat menyuratnya kepada Parpol, saksi, Panwascam, disiapkan satu hari sebelumnya, itu PKPU nya. Oleh karena itu kami menghimbau kepada teman-teman untuk menyiapkan (kemarin). Saat ini juga menyiapkan semua itu. Pelaksanaannya dilaksanakan tanggal 20 serentak, dan kami sudah bersurat kepada PPK semua,” ujarnya, kemarin.

Sejauh ini, ungkap Wildan-akrabnya disapa, pergeseran kotak suara dari desa terpencil dan wilayah kepulauan sudah sampai ke tingkat PPK.

Sehingga sangat dimungkinkan untuk rekapitulasi secara serentak. Selain itu, pihaknya juga belum menemukan adanya potensi perhitungan suara ulang.

Berita Terkait:  TGH Saleh Hambali Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

“Saat ini kami belum menemukan (potensi perhitungan suara ulang) karena ini kewenangan dari Bawaslu, di tingkat desa ada PPL dan ada Panwascamnya. Ini sudah hari kedua setelah pemilihan, kami belum mendapat rekomendasi dari Bawaslu,” pungkasnya. (NM3)