Beranda POLITIK Ganggu Estetika, Sejumlah APK Bakal Ditertibkan

Ganggu Estetika, Sejumlah APK Bakal Ditertibkan

BERBAGI
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sumbawa memberikan bantuan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumbawa terkait penertiban alat peraga kampanye (APK) yang dianggap melanggar.

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumbawa, akan kembali melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK). Penertiban akan dilakukan terhadap APK yang dianggap mengganggu estetika atau keindahan, misalnya APK yang berada di pohon sekitar jalan raya.

“Sebenarnya APK yang ada di pohon, sudah koordinasi dengan Satpol PP dan sudah dibersihkan. Namun ada lagi, dan ini mungkin yang ketiga kalinya kita turun kembali untuk menertibkan alat peraga ini yang tidak pada tempatnya,” kata Syamsi Hidayat, Ketua Bawaslu Kabupaten Sumbawa.

Berita Terkait:  Dituding Tak Tahu Sejarah Demokrat, JK : "2004 Mahally Fikri Kemana?"

Diungkapkan, terhadap rencana penertiban tersebut, Bawaslu telah berkoordinasi dengan Sat Pol PP. Selanjutnya pemberitahuan akan dilakukan kepada peserta pemilu, agar berkoordinasi langsung dengan caleg masing-masing.

“Karena kami tidak serta-merta dapat melakukan penertiban sendiri tanpa berkoordinasi dengan Satpol-PP. Terlebih kami juga selalu berkoordinasi dengan partai politik sebelum eksekusi atau penertiban ini dilakukan. Koordinasi dengan parpol dengan harapan agar caleg dari partpol dapat menurunkan sendiri APK itu. Kami akan bersurat selama 1 x 24 sebelum dilakukan penertiban,” katanya.

Berita Terkait:  Generasi Muda Harus Berani Taklukan Tantangan Global

Terkait beberapa pohon sekitar jalan yang dicat dan tempel APK, Bawaslu akan berkoordinasi dengan pimpinan partai politik. Sebab, tindakan tersebut dipandang menggangu estetika atau keindahan. “Kita juga sudah berkoordinasi dengan dengan Satpol PP untuk melakukan penertiban,” tutupnya. (NM2)