Beranda POLITIK Dewan Minta Gubernur Evaluasi Kinerja BPBD NTB

Dewan Minta Gubernur Evaluasi Kinerja BPBD NTB

BERBAGI
Anggota DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Akhdiansyah atau kerap dipanggil Guru To'i.

NUSRAMEMEDIA.COM, MATARAM – Gempa bumi yang melanda Nusa Tenggara Barat pada 2018 lalu memang tak ditampik telah menyisakan duka dan berbagai persoalan.

Selain merenggut ratusan ribu jiwa, rumah warga, gedung/bangunan seperti perkantoran, sekolah, masjid serta fasilitas umum lainnya habis terluluhlantakkan.

Di NTB ada tujuh Kabupaten/Kota yang paling merasakan betul akibat goncangan hebat secara beruntun itu, antara lainnya Lombok Utara paling terdampak parah.

Meski begitu, Provinsi NTB dibawah kepemimpinan Gubernur H Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur Hj Sitti Rohmi Djalillah terus melakukan berbagai upaya dalam melakukan perbaikan.

Termasuk menggencarkan proses rehabilitasi dan rekonstruksi pembangunan rumah tahan gempa (RTG) bagi warga terdampak.

Berita Terkait:  Yuk Kenali! Inilah Lima Warna Surat Suara Pemilu 2019

Bisa dikatakan sejauh ini NTB mulai bangkit dan membangun kembali. Namun tentu saja masih ada berbagai hal yang harus diperhatikan.

Untuk itu, pemerintah provinsi melalui instansi/skpd terkait yang menangani proses rehab rekon yakni BPBD NTB diminta lebih gencar melakukan pembangunan RTG agar segera dituntaskan.

Kepada media ini, Anggota DPRD NTB dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Akhdiansyah mengaku prihatin terhadap warga terdampak gempa.

Pasalnya, hingga kini kata dia masih banyak warga yang menjadi korban dan harus kehilangan rumah akibat peristiwa tersebut masih belum memiliki tempat tinggal yang layak (RTG).

Berita Terkait:  Pemilu 2019, Abdul Hadi Ajak Masyarakat Salurkan Hak Pilih

Padahal anggaran rehab rekon telah digelontorkan demi keberlangsungan percepatan pembangunan RTG bagi warga terdampak.

“Lihat saja seperti di KLU (Kabupaten Lombok Utara), itu kan disana masih banyak (belum memiliki rumah yang layak), kasihan saudara-saudara kita. Seharusnya (pembangunan) bisa lebih segera tertuntaskan, apalagi mau musim hujan,” ujarnya Kamis (10/10) di Mataram.

Ia mempertanyakan kinerja BPBD NTB selaku instansi terkait yang melaksanakan proses rehab rekon tersebut. Bahkan menurut dia, kinerja pihak BPBD terkesan lamban.

Untuk itu, pria yang kerap dipanggil Guru To’i itu meminta kepada Gubernur NTB agar segera mengevaluasi kinerja BPBD NTB.

Berita Terkait:  Penetapan Raihan Kursi dan Caleg Terpilih DPRD Sumbawa Ditunda

“Kita harap gubernur segera mengevaluasi kinerja BPBD NTB ini. Kok sampai sekarang, jumlah RTG yang dibangun itu segitu-segitu saja, tidak bisa tuntas-tuntas sampai sekarang. Ada apa?,” sesalnya.

Menurut Sekretaris DPW PKB NTB itu, bahwa persoalan ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Gubernur kata dia, diharapkan bersikap. Sebab persoalan ini dinilainya sangat penting untuk dijadikan perhatian focus.

“Mau sampai kapan, kasihan masyarakat kita. Sebentar lagi masuk musim hujan, bagaimana dengan mereka disana. Intinya kita harapkan Gubernur segera bersikap dan melakukan evaluasi kinerja BPBD,” demikian Akhdiansyah. (red)