Beranda POLITIK Demokrat NTB Tunggu PO, Musda Direncanakan Bulan Ini

Demokrat NTB Tunggu PO, Musda Direncanakan Bulan Ini

BERBAGI

MATARAM — Partai Demokrat menargetkan pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) dan Musyawarah Cabang (Muscab) dapat tuntas semua di tahun 2021 ini.

Target ini ada kaitannya dengan persiapan menghadapi proses verifikasi Partai Politik (Parpol) yang akan ikut agenda politik Pemilu 2024.

“Tahapan verifikasi dimulai tahun 2022, sehingga DPP menargetkan di tahun 2021 ini Musda dan Muscab bisa tuntas semua,” ungkap Ketua DPD Partai Demokrat NTB TGH Mahally Fikri.

Musda DPD Demokrat NTB salah satu yang direncanakan masuk dalam kelompok daerah pelaksanaan Musda tahap pertama. Kelompok tahap pertama ini rencananya akan dilaksanakan bulan Maret ini.

Berita Terkait:  Nofian Hadi : Ayo, Bersama Kita Bangkitkan Pariwisata Lombok Utara!

Namun demikian, Mahally belum dapat memberikan kepastian terkait jadwal. Hal ini karena DPP belum menentukan tanggal pelaksanaan Musda. “Yang jelas kita harus siap-siap (kalau DPP menentukan jadwal),” katanya.

Yang lebih penting lagi, lanjut Mahally terkait Peraturan Organisasi (PO) harus tuntas juga. Sebab PO merupakan ketentuan partai dalam melaksanakan agenda musyawarah. “PO-nya sedang dipersiapkan di DPP, ya kita tunggu saja,” ujarnya.

Saat ditanya apakah dalam Musda nanti akan tampil lagi dalam perebutan kursi ketua, Mahally menjawab tak pasti.

Berita Terkait:  Bapaslon yang Diusung PKS-PKB Masih Belum Jelas

“Kalau soal itu, begini, sama dengan orang mau salat tapi belum waktunya salat, kan tidak sah salatnya. Maknanya adalah jangan melakukan sesuatu yang belum waktunya,” tuturnya.

Setelah semua agenda Musda dan Muscab tuntas di tahun 2021 ini, barulah nanti Demokrat NTB bersama Demokrat di seluruh Indonesia, bersama-sama menyongsong agenda verifikasi di tahun 2022.

Saat seluruh struktur kepengurusan partai politik di daerah sudah rapi. “Karena itulah kami melakukan konsolidasi lebih awal agar kita lebih mantap menghadap pemilu,” terangnya.

Berita Terkait:  Berbicara Tentang BLK, Antara Tantangan dan Strategi! Kasdiono : BLK adalah Jembatan, Jadi Harus Kokoh!

Di tahun 2022, Demokrat diharapkan dapat fokus menghadapi tahapan verifikasi. “Tidak ada lagi sibuk dengan agenda-agenda internal seperti Musda-Muscab, tapi sudah fokus hadapi tahapan pemilu,” ujarnya.

Secara umum tahapan verifikasi ada dua macam. Pertama, tahapan administrasi terkait kelengkapan syarat-syarat partai politik untuk menjadi peserta pemilu, seperti kelengkapan struktur perangkat organisasi kepengurusan di semua tingkatan.

Kedua verifikasi faktual untuk memastikan keberadaan pengurus partai politik yang harus memenuhi syarat minimal tersebar di sekian daerah serta jumlah keanggotaan ditiap daerah. (red)